AsiaNet 55989

TOKYO, 28 Februari 2014 (ANTARA/Kyodo JBN-AsiaNet) --

Niwano Peace Foundation akan menganugerahkan Niwano Peace Prize ke-31 kepada Ibu Dena Merriam, pendiri dan pemimpin Global Peace Initiative of Women, dalam mengakui kontribusinya terhadap umat manusia dalam mencari kearifan serta bagi dunia yang lebih adil dan berkelanjutan.

Upacara penganugerahan penghargaan itu akan berlangsung di Tokyo pada 16 Mei. Selain sertifikat penghargaan, Ibu Merriam akan menerima medali dan uang tunai 20 juta yen.

Ibu Merriam, perintis gerakan antar agama sejak akhir 1990-an ketika beliau menjabat sebagai wakil ketua Millennium World Peace Summit of Religious and Spiritual leaders yang digelar di Perserikatan Bangsa-bangsa di New York, mendirikan Global Peace Initiative of Women (GPIW) pada 2002 untuk menyatukan kelompok pemimpin spiritual wanita yang menganut banyak keyakinan. GPIW telah memupuk dialog di Israel/ Palestina, Irak, Sudan, Afghanistan dan negara-negara lain sambil mengembangkan program kepemimpinan global bagi para pemimpin muda bermitra dengan PBB.

Dalam memilih Ibu Merriam sebagai penerima penghargaan untuk 2014, Peace Prize Committee mengatakan beliau adalah pemimpin global dalam menyatukan suara dan energi wanita yang terinspirasi oleh iman mereka sehingga mereka benar-benar membentuk inti dari gerakan global yang belum pernah terjadi sebelumnya. Ibu Merriam bekerja tanpa lelah untuk memastikan bahwa wawasan agama timur dan barat datang bersama-sama dalam keseimbangan yang bijak, kata Komite tersebut.

Hadiah Perdamaian Niwano (Niwano Peace Prize):
Hadiah Perdamaian Niwano dicetuskan pada tahun 1983 guna menghormati dan menyemangati individu dan organisasi yang telah berkontribusi secara signifikan terhadap pemahaman dan kerjasama antar agama, yang oleh karenanya dapat mewujudkan perdamaian dunia. Untuk menghindari penekanan berlebihan pada agama atau wilayah tertentu, nominasi dipilih dari sekitar 600 orang dan organisasi, yang mewakili 125 negara. Untuk menunjukkan rasa hormat, penghargaan ini dinamai berdasarkan pendiri dan presiden pertama Organisasi Buddha Rissho Kosei-kai, Nikkyo Niwano.  

Yayasan Perdamaian Niwano (Niwano Peace Foundation):
Yayasan Perdamaian Niwano didirikan pada tahun 1978 guna memberikan kontribusi terhadap perwujudan perdamaian dunia dan perbaikan budaya perdamaian. Yayasan ini mengadakan riset dan kegiatan lainnya yang didasari semangat keagamaan, dan melayani berbagai implementasi perdamaian dalam berbagai bidang, seperti pendidikan, ilmu pengetahuan, agama, dan filsafat.


SUMBER: Niwano Peace Foundation

Kontak:
(Bapak) Tadashi Takatani
Niwano Peace Foundation
Tel: +81-3-3226-4371
Fax: +81-3-3226-1835
E-mail: peaceprize@npf.or.jp
URL: http://www.npf.or.jp/english_top/index.html

Editor: PR Wire
Copyright © ANTARA 2014