Jakarta (ANTARA News) - Anggota Komisi VII DPR RI Bobby Adityo Rizaldy menginginkan isu lingkungan hidup menjadi perhatian utama bagi pembuatan kebijakan antara lain karena kerusakan lingkungan di Indonesia yang dinilai telah mengkhawatirkan.

"Isu lingkungan hidup belum menjadi agenda utama khususnya soal kompetensi, kepemimpinan, komitmen, dan integritas para caleg dalam mengedepankan masalah lingkungan hidup," kata Bobby Adityo Rizaldy di Jakarta, Rabu.

Menurut Bobby, menyitir hasil riset Wahana Lingkungan Hidup Indonesia (Walhi), disebutkan hanya sekitar 7 persen calon legislatif (caleg) yang memahami persoalan lingkungan hidup.

Dari aspek kompetensi, lanjutnya, hanya 1,8 persen caleg yang memiliki kompetensi di bidang lingkungan hidup. Sedangkan sebanyak 1,1 persen (75 orang) juga diketahui memiliki pengalaman kepemimpinan di organisasi yang berjuang untuk lingkungan hidup atau organisasi sosial.

Selanjutnya dari segi komitmen, terdapat 13 persen caleg berkomitmen terhadap lingkungan hidup yang bersih dan adil, serta hanya 9 persen caleg yang memiliki integritas terhadap isu lingkungan hidup.

"Artinya, rata-rata caleg yang memiliki pemahaman dan kepedulian terhadap lingkungan hidup, hanya berkisar di bawah 10 persen," ujarnya.

Pewarta: Muhammad Razi Rahman
Editor: Aditia Maruli Radja
Copyright © ANTARA 2014