Kendari (ANTARA News) - Kementerian Pertanian (Kementan) pada 2014 mengalokasikan dana melalui APBN sebesar Rp580 juta untuk pengembangan ternak sapi potong di Kabupaten Muna, Sulawesi Tenggara.

Kepala Bidang Peternakan Dinas Pertanian Tanaman Pangan Sultra Mukgujanto di Kendari, Jumat, mengatakan Kementan memberikan bantuan tersebut sebagai bentuk dukungan pemerintah pusat terhadap penetapan Muna sebagai sentra produksi sapi potong nasional.

"Bantuan dana dari Kementan sebesar Rp580 juta itu untuk membiayai dua proyek yang bisa mendukung pengembangan ternak sapi potong di Kabupaten Muna," katanya.

Ia mengungkapkan dua proyek yang didanai dengan APBN Kementan tersebut yakni pengembangan pakan ternak pada lahan seluas 100 hektare senilai Rp200 juta.

Sedangkan proyek kedua, kata dia, penyediaan satu unit mesin pengolahan pakan ternak senilai Rp380 juta.

"Kedua proyek itu untuk mendukung pengembangan ternak sapi potong di Muna, yang saat ini kabupaten tersebut sudah ditetapkan sebagai sentra produksi sapi potong nasional," katanya.

Diharapkan dengan bantuan dari Kementan tersebut bisa memudahkan para peternak di Muna mengembangkan ternak sapi, sehingga populasi sapi di Muna bisa bertambah dari tahun ke tahun.

"Dengan bertambahnya jumlah populasi sapi di Muna, maka tujuan pemerintah menetapkan Muna sebagai sentra produksi sapi potong nasional bisa terwujud," katanya.

Artinya, kata dia, produksi sapi potong di Muna tidak hanya bisa memenuhi kebutuhan daging sapi masyarakat Sultra, melainkan juga mampu memenuhi kebutuhan daging sapi nasional.

Pewarta: Agus
Editor: Aditia Maruli Radja
Copyright © ANTARA 2014