Semarang (ANTARA News) - Kepulan asap yang berasal dari sisa kebakaran masih terlihat di Pasar Johar Semarang, Minggu siang, meski api yang meludeskan pasar tradisional itu sudah berhasil dikuasai.

Para personel pemadam kebakaran terlihat masih menyemprotkan api di puing-puing kios di Pasar Johar yang masih menampakkan bara api, dibantu petugas Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD).

Meski asap masih tampak jelas mengepul dari dalam Pasar Johar, sejumlah pedagang terlihat menyempatkan masuk untuk mengambil barang dagangan mereka yang masih bisa diselamatkan.

Sejumlah aparat kepolisian dan TNI yang mengamankan lokasi juga tampak membantu para pedagang mengambil barang dagangan yang belum sempat terjilat api untuk diangkut menggunakan mobil.

Kepala Bidang Operasional dan Pengendalian Dinas Kebakaran Kota Semarang Sumarsono yang ditemui di lokasi mengakui sisa-sisa kebakaran memang masih mengepulkan asap yang cukup pekat.

"Kalau api sebenarnya sudah berhasil kami kuasai, namun sisa-sisa kebakaran ini ngureng. Istilahnya, di bagian atasnya sudah padam, namun bagian dalamnya masih membara," katanya.

"Struktur utama bangunan Pasar Johar, seperti atap cendawan tidak begitu parah, namun material-material tambahan, seperti kios-kios dari triplek dan papan ludes terbakar," katanya.

Pasar Johar Semarang terbakar  pada Sabtu (9/5) sekitar pukul 20.00 WIB. Angin yang bertiup kencang menyebabkan kebakaran terus merembet ke Pasar Yaik yang masih satu kawasan dengan Pasar Johar, dan api baru berhasil dikuasai pada Minggu (10/5) pagi. 

Pewarta: Zuhdiar Laeis
Editor: Aditia Maruli Radja
Copyright © ANTARA 2015