Makassar (ANTARA News) - Dirjen Penyelenggaraan Pos dan Informatika Prof Ing Kalamullah Ramli mengatakan, peluncuran 4G akan mendukung program pemerintah yakni Nawacita.

"Peluncutan 4G ini akan membantu percepatan implementasi mobile broadband menuju generasi digital Indonesia," kata Kalamullah pada peluncuran 4G oleh seluruh operator seluler di Trans Studio Mal, Makassar, Senin.

Menurut dia, dengan adanya 4G akan membangun informasi yang efisien bagi masyarakat banyak. Selain itu, juga menghadirkan operator yang memperkenalkan aplikasi-aplikasi yang bermanfaat.

Hanya saja, lanjut dia mengutip sambutan Menkominfo Rudiantara, perlu mendorong aplikasi-aplikasi produk anak bangsa.

"Jangan sampai menggelar karpet merah tetapi bukan menggunakan produk aplikasi anak bangsa, sehingga kita hanya menjadi penonton saja," katanya.

Dia mengatakan, hak mendapatkan layanan informasi dijamin dalam Undang-Undang Dasar 1945 Pasal 28 f terkait Teknologi Informasi.

Menurut dia, dalam menerima manfaat 4G itu, tentu masyarakat pengguna akan mempertimbangkan dari segi apilsasi, tarif yang terjangkau dan perlindungan pengguna.

"Selain itu, faktor. edukasi juga menjadi hal penting, sehingga masyarakat pengguna dapat merasakan manfaatnya, karena itu dibutuhkan evaluasi," katanya.

Peluncuran 4G LTE secara serentak oleh semua operator seluler di Makassar dihadiri Wakil Gubernur Sulsel H Agus Arifin Numang, Wali Kota Makassar H Ramdhan Pomanto dan anggota Komisi I DPR RI Andi Ridwan Wittiri. Termasuk para Direktur Eksekutif masing-masing operator seluler yakni Telkomsel, XL Axiata, Smart Fren, Indosat dan H3I (tri).

Pewarta: Suriani Mappong
Editor: Ruslan Burhani
Copyright © ANTARA 2015