Kotabaru (ANTARA News) - Polres Kotabaru, Kalimantan Selatan, menempatkan satu unit mobil water canon dan puluhan personel dari Polres, Kodim 1004/Kotabaru, dan TNI AL di Kantor KPU Kotabaru terkiat dimulainya tahapan Pilkada.

Kapolres Kotabaru Ajun Komisaris Besar Polisi Suhasto, di Kotabaru, Selasa mengatakan, mobil dan sejumlah personil tersebut disiagakan hanya untuk berjaga-jaga, untuk mengantisipasi hal-hal yang tidak diinginkan.

"Alhamdulillah, hingga saat ini kondisi tetap aman dan pendaftaran di Kantor KPU tertib dan lancar, sehingga mobil water caanon kita tarik kembali," jelasnya.

Selain satu mobil water canon, sedikitnya 60 personel dari Polres Kotabaru, lengkap dengan senjata juga disiagakan untuk berjaga-jaga di Kantor KPU Kotabaru.

"Kita juga di backup sejumlah personil dari TNI Angkatan Darat dan TNI Angkatan Laut," ujar Kapolres.

Sebelumnya, Kapolres menjelaskan, beberapa hari sebelumnya sebanyak 30 personel di tempatkan di Kantor KPU Kotabaru, dan sisanya di sekreatariat pasangan calon bupati dan wakil bupati, serta di tempat-tempat strategis atau tempat rawan.

Sementara itu, hingga hari ketiga atau hari terakhir pendaftaran calon kepala daerah di KPU Kotabaru sudah terdapat empat pasangan yang telah mendaftar.

Di antaranya, pasangan Irhami Ridjani-Syamsul Alam mendaftar pada Minggu (26/7) dan Senin (27/7) pasangan M Iqbal Yudianor-Sahiduddin serta pasangan Alpidri Supian Nor-Syafrin Masrin juga telah mendaftar di KPU Kotabaru.

Pasangan Irhami Ridjani-Syamsul Alam, datang ke Kantor KPU Minggu sekitar pukul 14.15 Wita dengan didampingi dua pengurus partai politik pendukung yakni, Partai Nasional Demokrat (NasDem) dengan enam kursi, dan Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) tiga kursi.

Sedangkan pasangan Iqbal-Sahiduddin dan pasangan Alpidri-Syafrin keduanya calon kepala daerah dari jalur perseorangan atau independen.

Pasangan Iqbal-Sahiduddin datang ke KPU pada Senin sekitar pukul 10.15 Wita dan pasangan Alpidri-Syafrin sekitar pukul 11.15 Wita," jelasnya.

Pasangan M Alamsyah-Rusdiyanto Haleng resmi mendaftar di KPu Kotabaru pada Selasa sekitar pukul 10.40 Wita bersama pengurus partai pendukungnya.

Pasangan Alam-Rusdiyanto didukung oleh Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) dengan empat kursi, Partai Amanat Nasional (PAN) dengan dua kursi, dan Partai Keadilan Sejahtera (PKS) dengan empat kursi.

Pewarta: Imam Hanafi
Editor: Suryanto
Copyright © ANTARA 2015