Malang (ANTARA News) - Calon bupati Malang, Jawa Timur, Dewanti Rumpoko mengajak sejumlah tokoh perempuan di Tanah Air untuk mendampingi dirinya ketika berkampanye guna memenangkan pemilihan kepala daerah setempat, 9 Desember 2015.

"Ada beberapa tokoh perempuan kader PDI Perjuangan yang sudah tidak asing lagi bagi masyarakat yang akan mendampingi kami ketika kampanye nanti, seperti Ketua Umum PDIP Megawati Soekarnoputri, anggota DPR RI Rieke Diah Pitaloka, Menko Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan Puan Maharani, serta Wali Kota Surabaya Tri Rismaharini," kata Dewanti Rumpoko di Malang, Jawa Timur, Jumat.

Khusus untuk kehadiran Wali Kota Surabaya Tri Rismaharini sebagai salah satu dari 50 pemimpin terbaik dunia, katanya, diharapkan akan menjadi penyemangat tersendiri dalam upaya perubahan dan perbaikan di Kabupaten Malang.

Menurut Dewanti, Wali Kota Surabaya Tri Rismaharini tersebut mampu membuktikan diri sebagai wali kota terbaik dengan berbagai program terobosan dalam pemerintahan, sehingga mampu membawa Kota Surabaya sebagai salah satu Kota terbaik di dunia dengan berbagai penghargaan yang didapat akan bisa menjadi contoh.

"Dengan begitu, kami berharap akan bisa membawa Kabupaten Malang ke era lebih baik lagi ke depan dengan berbagai program pembangunan yang bermanfaat menuju kesejahteraan rakyat," ujarnya.

Menyinggung tingkat keterpilihannya dalam Pilkada mendatang yang jauh di bawah calon petahana Rendra Kresna, Dewanti tetap optimistis mampu menaikkan elektabilitasnya selama perhelatan Pilkada Kabupaten Malang hingga memenangkan pertarungan tersebut.

Istri Wali Kota Batu Eddy Rumpoko mengatakan dengan modal awal elektabilitas sekitar 10 persen saat muncul sebagai kandidat bakal calon bupati Malang, dia optimistis mampu terus menaikkan tingkat keterpilihannya hingga pelaksanaan coblosan serentak pada bulan Desember 2015.

Dewanti mencontohkan Ganjar Pranowo (Gubernur Jateng) dan Joko Widodo ketika masuk bursa Gubernur DKI Jakarta, modal awal elektabilitasnya di bawah 5 persen, namun mampu memenangkan Pilkada di daerah itu. "Kalau kami dengan modal 10 persen suara, harapannya akan bisa lebih baik lagi hasilnya," kata Dewanti.

Selama proses pencalonan dirinya sebagai calon bupati Malang, dirinya sempat mendapat nasehat langsung dari Ketua Umum DPP PDIP Megawati Soekarno Putri ketika bersama Wali Kota Surabaya Tri Rismaharini dan Puan Maharani. Dimana, dirinya diminta untuk lebih dekat dan berbaur dengan masyarakat, sekaligus memperkenalkan diri kepada masyarakat Kabupaten Malang.

Dengan demikian dirinya akan bisa dikenal lebih dekat dengan masyarakat. "Nasehat itu akan kami laksanakan sepenuhnya untuk memenangkan Pilkada Kabupaten Malang Desember mendatang," ujarnya.

Pilkada Kabupaten Malang bakal diikuti tiga pasangan calon, yakni pasangan petahana Rendra Kresna-Sanusi yang diusung Partai Golkar, PKB, Nasdem, Demokrat, Gerindra, PKS, dan PPP. Selain itu juga ada pasangan Dewanti Rumpoko-Masrifah yang diusung PDIP, dan pasangan perseorangan Nurcholis-M Mufidz.

Pewarta: Endang Sukarelawati
Editor: Desy Saputra
Copyright © ANTARA 2015