Malang (ANTARA News) - Polresta Malang menyiagakan sejumlah personel untuk membantu pengamanan pelaksanaan pemilihan kepala daerah (Pilkada) kabupaten Malang yang digelar secara serentak dengan kota/kabupaten lain, Rabu (9/12).

"Polresta akan menerjukan sebanyak 176 personel untuk membantu kelancaran dan suksesnya pelaksanaan Pilkada di Kabupaten Malang. Ada beberapa titik rawan yang bakal kami jaga secara ketat mulai besok (Selasa, 8/12) hingga hari H (Rabu, 9/12)," kata Kabag Ops Polresta Malang Kompol Sunardi Riyono di Malang, Senin.

Beberapa titik rawan yang menjadi fokus pengamanan dan penjagaan ketat tersebut adalah Kecamatan Lawang, Bululawang, Tumpang, dan Pagak. Selain itu, tempat-temnpat vital milik Pemkab Malang yang berada di wilayah Kota Malang juga bakal dijaga ketat, seperti Pendopo Kabupaten Malang di Jalan KH Agus Salim, rumah pasangan calon serta rumah tim sukses masing-maisng pasangan calon yang berada di Kota Malang.

Kompol Sunardi mengatakan selain mengamankan sebagian wilayah Kabupaten Malang, anggota Polresta Malang juga disiagakan untuk menyangga pengamanan di Kabupaten Blitar yang juga melangsungkan pencoblosan untuk memiliki bupati dan wakil bupati setempat.

"Seluruh anggota kami disiapkan on call apabila di Blitar membutuhkan personel, kami pasti akan siapkan," ucapnya.

Selain Polresta Malang, MPC Pemuda Pancasila (PP) Kabupaten Malang juga siap mengawal proses pelaksanaan Pilkada di daerah itu. Sedikitnya seribu anggota siap diterjunkan dalam mengawal pesta demokrasi tersebut.

Ketua MPC Pemuda Pancasila Kabupaten Malang Priyo Bogank Sudibyo mengatakan Pemuda Pancasila ada di 33 kecamatan, setiap PAC ada 30 pengurus aktif dan itu belum termasuk simpatisan. Dari jumlah tersebut, sedikitnya seribu anggota Pemuda Pancasila siap diterjunkan dalam mengawal Pilkada.

Priyo juga berpesan kepada penyelenggara agar tetap fokus menjalankan tugasnya tanpa takut adanya intimidasi.

"KPU dan Panwas jangan pernah takut, kami siap mengawal suksesnya pilkada, termasuk mengawal agar masyarakat datang ke tempat pemungutan suara (TPS) untuk menyalurkan aspirasi politiknya dan tidak golput," ujarnya.

Jika dalam proses pilkada nanti ada kecurangan, lanjutnya, PP siap berada di garda depan. Pilkada harus berjalan sukses, damai dan aman. Jangan ada kekacauan dalam Pilkada.

"Sejak kemarin (Minggu, 6/12) kami sudah melakukan pemantauan di sejumlah lokasi di Kabupaten Malang guna memastikan pilkada akan berjalan lancar dan aman," ucapnya.

Pewarta: Endang Sukarelawati
Editor: Tasrief Tarmizi
Copyright © ANTARA 2015