Tokyo (ANTARA News) – Honorary Chairman Toyota Motor Corporation (TMC) Shoichiro Toyoda hari ini resmi menerima Bintang Jasa Utama dari pemerintah Republik Indonesia yang diserahkan oleh Duta Besar RI untuk Jepang Yusron Ihza Mahendra di Tokyo, Jepang.

Shoichiro Toyoda merupakan salah satu dari 13 penerima Bintang Jasa Utama berdasarkan Surat Keputusan Presiden RI Joko Widodo tertanggal 7 Agustus 2015.

“Saya sangat berterima kasih atas anugerah Bintang Jasa Utama dari pemerintah Republik Indonesia. Kami di Toyota berkomitmen untuk terus berkontribusi pada ekonomi dan sosial di Indonesia melalui pengembangan industri otomotif Indonesia,” ujar Shoichiro Toyoda dalam siaran persnya kepada Antara News, Selasa.

Bintang Jasa Utama adalah salah satu dari tiga bintang medali sipil yang dikeluarkan oleh pemerintah RI dengan derajat setingkat di bawah Bintang Mahaputra. Bintang jasa ini dikeluarkan dan diberikan atas jasa di bidang, peristiwa atau hal tertentu di luar bidang militer.

Shoichiro Toyoda lahir pada tanggal 27 Februari 1925 dan bergabung dengan TMC pada bulan Juli 1945. Sepanjang karirnya, Shoichiro Toyoda yang dikenal sebagai Dr. Toyoda berfokus pada teknologi otomotif, kontrol kualitas dan manajemen pabrik.

Pada tahun 1982, Dr. Toyoda menjabat sebagai Presiden TMC selama 10 tahun kemudian menjadi Chairman of the Board dari 1992 hingga 1999 sebelum menempati posisi Honorary Chairman hingga kini.

Pewarta: Alviansyah Pasaribu
Editor: Kunto Wibisono
Copyright © ANTARA 2015