Tanjungpinang (ANTARA News) - Pemerintah Pusat mengalokasikan anggaran sebesar Rp8 miliar untuk membangun Pelabuhan Selat Lampa, Kabupaten Natuna, Kepulauan Riau.

Kepala Dinas Kelautan dan Perikanan Provinsi Kepulauan Riau (DKP Kepri) Raja Ariza, di Tanjungpinang, Jumat mengatakan Kementerian Kelautan dan Perikanan akan melakukan pembangunan infrastruktur pendukung di Pelabuhan Perikanan Selat Lampa, Natuna.

"Anggaran yang dialokasikan untuk pembangunan fasilitas darat dan pengadaan mesin genset di Pelabuhan Perikanan Selat Lampa, Natuna," ujarnya.

Menurut dia, keberadaan pelabuhan tersebut menjadi urat nadi bagi peningkatan kesejahteraan nelayan. Pada tahun ini diharapkan semua pekerjaan sudah selesai dikerjakan sehingga bisa dioperasikan segera.

KKP fokus menyelesaikan pembangunan Pelabuhan Perikanan Selat Lampa, karena posisinya strategis.

"Saat ini dilakukan secara bertahap, tetapi yang jelas KKP tetap memberikan perhatian besar untuk menyelesaikan pembangunan pelabuhan tersebut," ucapnya.

Untuk aktivitas di pelabuhan tersebut, kata dia sarana pendukung harus dilengkapi dengan tempat pengisian bahan bakar, pengelolaan air bersih, tempat penyimpanan dingin, dan pasar ikan dan sarana pendukung lainnya. Untuk operasional tentunya membutuhkan kecukupan tenaga listrik.

"Kami mendapat informasi, PLN sanggup menambah kapasitas listrik 3 MW. Pengadaan fasilitas genset adalah untuk mengantisipasi ketika mati lampu saja," katanya.

Pewarta: Nikolas Panama
Editor: Tasrief Tarmizi
Copyright © ANTARA 2016