Pontianak (ANTARA News) - Direktorat Polisi Perairan Polda Kalimantan Barat meningkatkan patroli di perairan sungai dan pesisir laut guna mencegah penyelundupan barang-barang ilegal ke dalam provinsi itu.

"Menjelang bulan Ramadan hingga menjelang Idul Fitri 2016, kami akan terus melakukan patroli di perairan sungai dan laut guna mencegah masuknya barang-barang ilegal dan aktivitas ilegal lainnya," kata Direktorat Polisi Perairan Polda Kalimantan Barat, AKBP Badarudin, di Pontianak, Selasa.

Untuk itu, dia mengerahkan 10 kapal patroli berbagai jenis. "Patroli ini sudah menjadi agenda rutin kami dalam menjaga wilayah perairan agar aman dan mencegah tindakan kriminalitas lainnya," ujar Badarudin.

Patroli di perairan itu, dilakukan mulai dari perbatasan Paloh di Kabupaten Sambas, hingga kawasan pedalaman Kalimantan Barat, seperti di sepanjang Sungai Kapuas, hingga Kabupaten Ketapang dan Kayong Utara.

Ia mengimbau, kepada masyarakat agar ikut aktif dalam menjaga keamanan dan lingkungan masing-masing, dan secepatnya melaporkan kalau menemukan atau melihat ada aktivitas yang mencurigakan kepada polisi. 

Sebelumnya, Jumat (27/5) Direktorat Polair Polda Kalimantan Barat menyita 90 batang kayu log campuran dengan panjang empat hingga 12 meter saat akan dibawa secara ilegal dari Kapuas Hulu menuju Pontianak.

Pewarta: Andilala
Editor: Ade P Marboen
Copyright © ANTARA 2016