Dari dulu kami sudah imbau masyarakat untuk tidak memberikan sedekah kepada pengemis di pinggir jalan sebab hal tersebut akan membuatnya ketagihan mengemis."
Padang (ANTARA News) - Dinas Sosial dan Ketenagakerjaan Kota Padang, Sumatera Barat (Sumbar) akan menertibkan pengemis musiman yang banyak hadir saat Bulan Ramadhan.

"Kehadiran pengemis dadakan meresahkan, Satpol PPP akan menangkap dan menyerahkannya ke Dinas Sosial," kata Kepala Dinas Sosial dan Ketenagakerjaan Kota Padang Frisdawati Amran Boer di Padang, Senin.

Menurutnya pengemis dan anak jalanan yang tertangkap biasanya tidak hanya berasal dari kota Padang, namun terdapat juga dari daerah lainnya.

"Jika ada yang dari luar daerah, kita akan kembalikan ke daerahnya masing-masing, dan untuk warga Kota Padang akan diberikan pembinaan," kata dia.

Ia juga menyampaikan tidak ada peningkatan pengemis dan anak jalanan tahun ini serta tahun-tahun sebelumnya.

Ia mengimbau agar masyarakat tidak memberikan sumbangan atau sedekah kepada pengemis di pinggir jalan.

"Dari dulu kami sudah imbau masyarakat untuk tidak memberikan sedekah kepada pengemis di pinggir jalan sebab hal tersebut akan membuatnya ketagihan mengemis," ujarnya.

Salah seorang warga Kota Padang Mela (32) mengatakan pengemis dadakan yang terjadi saat bulan Ramadhan cukup meresahkan dan menganggu pejalan kaki.

"Pengemis di Kota Padang ini rata-rata masih bisa bekerja dan memiliki fisik yang masih kuat," kata dia.

Ia menambahkan pengemis tersebut kadang-kadang ada juga yang berpura-pura, seperti contohnya yang kakinya buntung, tetapi kenyataannya setelah terjaring razia ketahuan berbohong.

Pewarta: MR Denya
Editor: Kunto Wibisono
Copyright © ANTARA 2016