Jakarta (ANTARA News) - Pihak Polres Tegal Jawa Tengah menggandeng stasiun pengisian bahan bakar umum (SPBU) membagikan bahan bakar minyak (BBM) secara gratis untuk kendaraan pemudik yang mogok guna mengantisipasi kemacetan lalu lintas.

"Kita koordinasi dengan pom bensin untuk menyediakan 50 jerigen isi lima liter," kata Kapolres Tegal Ajun Komisaris Besar Polisi Adi Vivid melalui keterangan tertulis di Jakarta Senin.

Adi mengatakan salah satu penyebab kemacetan lalu lintas pada arus mudik di Brebes Jawa Tengah akibat kendaraan kehabisan BBM sehingga antrian mobil mencapai Pejagan-Brebes-Tegal.

Menurut dia pihaknya bersama sejumlah SPBU telah menyisir kendaraan yang mogok dan membagikan BBM gratis pada hari sebelumnya.

Perwira menengah kepolisian itu menjelaskan pihak kepolisian meminta SPBU menyediakan BBM dalam jerigen berisi 5 liter dari program "corporate social responsibility" (CSR).

Adi juga menambahkan kemacetan lalu lintas kendaraan yang mengantri menuju SPBU sepanjang 500 meter untuk mengisi bahan bakar.

"Pada setiap pom bensin itu terjadi penumpukan hampir satu lajur itu hampir sampai 500 meter sehingga tersendat," ujarnya.

Kapolres Tegal juga mengimbau pengelola SPBU membatasi pengisian bahan bakar bagi setiap kendaraan sebanyak Rp150.000 karena persediaan BBM semakin menipis dan pemerataan penjualan.

(T.T014)

Editor: Ruslan Burhani
Copyright © ANTARA 2016