Kami akan berkoordinasi dengan Komisi Pemilihan Umum daerah untuk meminta arahan terkait penyelenggaraan kegiatan kami
Jakarta (ANTARA News) - Tiga calon gubernur DKI Jakarta mengonfirmasi akan mengikuti lomba lari maraton pada Mandiri Jakarta Marathon yang diadakan 23 Oktober mendatang.

"Kami mendapatkan konfirmasi dari tiga bakal calon itu. Kami akan berkoordinasi dengan Komisi Pemilihan Umum daerah untuk meminta arahan terkait penyelenggaraan kegiatan kami," kata Promotor dan Panitia Penyelenggara Jakarta Marathon Ndang Mawardi di Jakarta, Rabu.

Ndang mengakui tiga calon gubernur DKI Jakarta sama-sama tertarik mengikuti Jakarta Marathon 2016 menyusul peserta perlombaan lari ini yang mencapai 16 ribu orang dan juga mendapatkan perhatian luas media massa nasional.

"Tentu mereka berkepentingan dalam perlombaan kami. Kami mendapatkan izin penyelenggaraan lomba dari calon petahana. Sebelumnya, Ibu Sylviana juga sering mengurusi kegiatan kami. Sandiaga juga akan turun pada nomor half-marathon," ujar Ndang.

Panitia penyelenggara Jakarta Marathon ke-4, lanjut Ndang, akan mengantisipasi kesalahan dalam kaitannya dengan kegiatan-kegiatan kampanye politik calon gubernur DKI Jakarta dengan koordinasi KPU DKI Jakarta.

Dari 16 ribu peserta Jakarta Marathon 2016, 1.300 ribu peserta di antaranya berasal dari 53 negara. "Peserta dari Jepang merupakan peserta terbanyak dengan jumlah 500 orang," kata Ndang.

Jakarta Marathon 2016 melombakan lima nomor yaitu nomor maraton dengan jarak tempuh 42,195 km, nomor half maraton berjarak 21 km, nomor 10K dengan jarak tempuh 10 km, nomor 5K dengan jarak lima kilometer, dan nomor maratoonz yang ditujukan bagi peserta anak-anak.

Panitia penyelenggara berkoordinasi dengan Dinas Perhubungan DKI Jakarta dan Kepolisian Daerah Metro Jaya akan menutup secara bertahap ruas-ruas jalan yang menjadi rute lomba mulai pukul 00.00-12.00 WIB pada 23 Oktober.

Rute Jakarta Marathon 2016 mulai dari Monumen Nasional menuju kawasan Kota Tua Jakarta. Rute kemudian melintasi Lapangan Banteng menuju jalan Medan Merdeka Barat dan mengarah ke kawasan Kuningan. Dari sini, para peserta akan terus berlari menuju Semanggi dan akan kembali ke Kuningan untuk menyelesaikan lomba di Monumen Nasional.

Pewarta: Imam Santoso
Editor: Jafar M Sidik
Copyright © ANTARA 2016