Jakarta (ANTARA News) - Raja Arab Saudi Salman Abdulazis Al Saud memberikan kain kiswah, penutup Ka'bah, sebagai cendera mata untuk Masjid Istiqlal, kata Wakil Ketua Badan Pelaksana dan Pengelola Masjid Istiqlal, Bahrul Hayat.

"Beliau shalat sunah, setelah shalat sunah Beliau menyampaikan cendera mata untuk Istiqlal berupa kiswah. Ini menjadi simbol yang sangat penting," kata Bahrul usai menerima kunjungan Raja Salman di kompleks Masjid Istiqlal, Jakarta, Kamis.

Pengelola Masjid Istiqlal, ia mengatakan, sangat gembira menerima buah tangan dari Raja Salman itu.

"Sekali lagi karena kiswah Ka'bah seringkali menjadi cenderamata yang sangat khusus dari Saudi untuk saudara-saudara yang dianggap layak menerima. Kiswah ini langsung disampaikan, punya makna mendalam," kata dia.

Ia menuturkan bahwa kain kiswah yang diberikan Raja Salman panjangnya sekitar dua meter dan lebarnya 45 sentimeter. Kain itu akan dipajang di ruangan tamu penting Masjid Istiqlal.

Selama mengunjungi Masjid Istiqlal, Raja Salman melakukan shalat penghormatan (tahyiatul) masjid serta mengisi buku tamu berikut pesan untuk Istiqlal dan memberikan kiswah.

"Kunjungan Beliau akan menjadi simbol Beliau mengunjungi umat Islam di Indonesia," kata dia.

Pewarta: Anom Prihantoro
Editor: Maryati
Copyright © ANTARA 2017