Jakarta (ANTARA News) - Wakil Ketua DPR Agus Hermanto berharap para komisioner KPU dan Bawaslu terpilih dapat melaksanakan tugasnya sesuai aturan perundang-undangan yang berlaku dan kinerjanya harus ditingkatkan agar pelaksanaan pemilu semakin berkualitas.

"Komisioner KPU dan Bawaslu yang baru terpilih harus melaksanakan tugasnya sesuai aturan perundang-undangan. Selain itu, dapat meningkatkan lagi kinerja KPU dan Bawaslu dalam penyelenggaraan pemilu," kata Agus Hermanto di Gedung Nusantara III, Jakarta, Rabu.

Agus berharap dengan kinerja yang maksimal itu diharapkan perselisihan pemilu yang dibawa lembaga peradilan pemilu bisa berkurang.

"Namun, kita ketahui bahwa komisioner yang kemarin bukan kurang bagus, tapi sudah cukup bagus," ujarnya.

Selain itu terkait pemilihan calon komisioner di Komisi II DPR, Agus menilai sudah sesuai dengan koridor perundang-undangan sehingga tidak ada yang dipersoalkan.

Dia menjelaskan pemilihan tersebut tidak hanya terkait pendapat masing-masing anggota Komisi II DPR karena pada proses akhirnya dilakukan pemungutan suara.

"Adapun masalah yang ini suka, yang ini tidak suka, kita harus serahkan kepada peraturan perundang-undangan yang berlaku," tuturnya.

Sebelumnya, Komisi II DPR telah memilih tujuh orang komisioner KPU dan lima orang komisioner Bawaslu periode 2017-2022 melalu mekanisme pemungutan suara pada Rabu (5/4) dini hari, setelah melaksanakan uji kelayakan dan kepatutan selama dua hari.

Lima komisioner Bawaslu yang terpilih dengan suara tertinggi adalah Ratna Dewi Pettalolo sebanyak 54 suara, Mochammad Afifuddin meraup 52 suara, Rahmat Bagja dengan 51 suara, Abhan meraih 34 suara dan Fritz Edward Siregar sebanyak 33 suara.

Sementara itu untuk komisioner KPU, ada dua calon petahana yang kembali terpilih yaitu Hasyim Asyari dan Arief Budiman. Sedangkan Ida Budhiati, Sigit Pamungkas, dan Ferry Kurnia Rizkiyansyah tidak lolos.

Ketujuh anggota KPU yang terpilih dengan perolehan suara tertinggi adalah Pramono Ubaid Tanthowi dan Wahyu Setiawan dengan masing-masing memperoleh 55 suara, Hasyim Asyari dengan 54 suara, dan Ilham Saputra meraih 54 suara.

Selain itu Viryan dengan 52 suara lalu diikuti oleh Evi Novida Ginting Manik yang memperoleh 48 suara dan Arief Budiman sebanyak 30 suara.

Pewarta: Imam Budilaksono
Editor: Unggul Tri Ratomo
Copyright © ANTARA 2017