Jakarta (ANTARA News) - Komisioner KPU RI yang telah dilantik Presiden Joko Widodo di Istana Negara, Selasa, akan segera memilih ketua melalui rapat pleno yang diagendakan berlangsung Rabu (12/4) di Kantor KPU RI.

"Besok kita rapat pleno pertama dipimpin oleh anggota KPU RI yang tertua dan termuda, dengan agenda pemilihan Ketua KPU RI," kata Komisioner KPU RI Arief Budiman di Jakarta, Selasa.

Presiden Joko Widodo melantik tujuh orang Komisioner KPU RI yang terpilih melalui uji kepatutan dan kelayakan di DPR RI. Tujuh komisioner itu adalah Pramono Ubaid Tanthowi, Ilham Saputra, Evi Novida Ginting Manik, Wahyu Setiawan, Hasyim Asyari, Arief Budiman, dan Viryan.

Arief mengatakan, setelah menentukan ketua, selanjutnya Ketua KPU RI baru akan memimpin rapat untuk menata struktur organisasi terkait jabatan dan tugas masing-masing komisioner lainnya.

"Setelah itu baru kita lihat apa saja warisan komisioner KPU sebelumnya dan apa saja pekerjaan yang belum sempat terselesaikan, untuk kemudian menentukan ke depan akan melakukan apa," ujar Arief.

Selain menentukan Ketua KPU RI, tujuh komisioner KPU periode 2017-2022 juga akan menentukan perwakilan komisioner yang akan duduk di Dewan Kehormatan Penyelenggara Pemilu.

Pewarta: Rangga Pandu
Editor: Tasrief Tarmizi
Copyright © ANTARA 2017