Jakarta (ANTARA News) - Presiden Jokowi bagi-bagi sepeda ontel, Menkumham Yassona Laoly yang narag jareba pungli di rutan Pekanbaru, layanan i-banking Mandiri yang sempat bermasalah, penderita TBC terbanyak kedua di dunia hingga Pemkab Cianjur yang aktifkan kereta wisata ke Gunung Padang menjadi berita-berita kemarin yang layak baca.

1.  Presiden Jokowi bagi-bagi sepeda ontel

Presiden RI Joko Widodo (Jokowi) beserta istri dan rombongan saat berkunjung ke Kabupaten Tanah Bumbu, Kalimantan Selatan, dalam rangka kunjungan nusantara budaya maritim membagi-bagi sepeda ontel kepada masyarakat dan pelajar.

"Ada tujuh unit sepeda yang disiapkan untuk dibagikan, dan sepeda ini sengaja kami bawa dari Istana Negara saat melakukan kunjungan ke Kalimantan Selatan melalui pesawat," kata Presiden Jokowi di Batulicin, Minggu.

Berita selengkapnya di sini.

2. Menkumham berkali-kali gebrak meja akibat pungli Rutan Pekanbaru

Menteri Hukum dan Hak Asasi Manusia Yasonna H. Laoly menggebrak meja berkali-kali saat mengunjungi Rutan Kelas IIB Kota Pekanbaru, karena marah ketika mengetahui praktik pungutan liar dan pemerasan, salah satu pemicu kaburnya ratusan tahanan.

"Saya tidak akan toleransi. Perilaku ini betul-betul biadab, sangat biadab," kata Yasonna sambil menggebrak meja di hadapan petugas rutan dan Kanwil Kemenkum HAM Riau, di dalam Rutan Kelas IIB Pekanbaru, Minggu.

Kejadian itu turut disaksikan oleh Kapolda Riau Irjen Pol Zulkarnain, Gubernur Riau Arsyadjuliandi Rachman, dan Kepala Kanwil Kemenkumham Riau Ferdinand Siagian.

Baca beritanya di sini.

Baca juga: Menkumham minta pelaku pemerasan Rutan Pekanbaru dipidana, biar tahu rasa

3. Sempat bermasalah, Mandiri pastikan Internet banking-nya pulih

PT. Bank Mandiri Persero Tbk menyatakan sistem perbankan dalam jaringan (daring) "Mandiri Online" yang sempat dihentikan akhir pekan lalu, sekarang sudah berjalan normal kembali, dan kekeliruan jumlah saldo nasabah telah dikoreksi.

"Sudah dikembalikan seperti sediakala. Termasuk dana-dananya sudah dikembalikan. Mandiri Online juga sudah aktif lagi," kata Sekretaris Perusahaan Bank Mandiri Rohan Hafas di Jakarta, MInggu.

Selengkapnya di sini.

4. Penderita TBC Indonesia terbanyak kedua dunia

Menteri Kesehatan Profesor Nila Djuwita F Moeloek mengatakan saat ini penderita TBC Indonesia terbanyak kedua di dunia setelah India sehingga harus ada upaya sungguh-sungguh dari seluruh pihak terkait untuk menurunkannya.

Menurut Moeloek, dalam dialog dengan direktur rumah sakit se-Kalimantan Selatan dan insan kesehatan di Rumah Sakit Umum Daerah Ulin Banjarmasin Minggu, tingginya penderita TBC ini harus mendapat perhatian seluruh pihak terkait.

"Saat saya pergi ke beberapa negara, saya ditegur, kenapa banyak warga Indonesia yang terkena TBC, seperti TKI di Malaysia, terpaksa harus dipulangkan karena TBC," katanya.

Baca beritanya lengkapnya di sini.

5. Pemkab Cianjur akan aktifkan kereta wisata ke Gunung Padang

Pemerintah Kabupaten Cianjur, Jawa Barat, akan menjalin kerja sama dengan PT Kereta Api Indonesia untuk mengaktifkan kereta wisata menuju Gunung Padang, sebagai upaya meningkatkan kunjungan wisatawan ke situs prasejarah peninggalan kebudayaan megalitikum.

"Kami akan mengoptimalkan angka kunjungan wisatawan ke Gunung Padang dengan mengunakan kereta yang berhenti di Stasiun Lampegan, selanjutnya wisawatan dapat mengunakan kendaraan wara-wiri dari stasiun menuju situs," kata Wakil Bupati Cianjur Herman Suherman di Cianjur, Minggu.

Berita lengkapnya di sini.

Pewarta: Arindra Meodia
Editor: Unggul Tri Ratomo
Copyright © ANTARA 2017