Citi Indonesia bersama dengan mitra pelaksana Mercy Corps Indonesia menyelesaikan program Financial Education and Empowerment goes Digital and Mobile (FEED Mobile) kepada petani dan pengusaha mikro kecil di Kabupaten lndramayu, Jawa Barat.

"Kami sangat mendukung dan memberikan apresiasi atas pelaksanaan program FEED Mobile yang diinisiasi oleh Mercy Corp lndonesia dan didukung Citi Indonesia. Melalui program FEED Mobile ini, diharapkan dapat memberikan pendidikan keuangan dan mengembangkan potensi pengusaha mikro kecil di indonesia, khususnya kepada masyarakat di Kabupaten lndramayu, Jawa Barat," kata Direktur Pengembangan Inklusi Keuangan Otoritas Jasa Keuangan (OJK), Eko Ariantoro pada acara workshop nasional Road Towards a Financially Literate Generation di Jakarta, Rabu (17/5).

FEED Mobile merupakan kegiatan pelatihan pendidikan keuangan dan pengembangan usaha bagi petani dan pelaku usaha mikro kecil dengan menggunakan metode pelatihan dengan tatap muka dan kanal digital. Dalam kegiatannya Program FEED Mobile bermitra dengan beberapa lembaga keuangan mikro, Dinas Kelautan dan Perikanan (Diskanla), Dinas Koperasi, UKM, Perindustrian, Perdagangan (DiskOperindag), Badan Ketahanan Pangan dan Penyuluhan Pertanian (BKP3), dan lembaga masyarakat Bangkir Pelabuhan di Kabupaten lndramayu.

Sedangkan Country Head of Corporate Affairs Citi Indonesia, Elvera N. Makki mengatakan, program ini berhasil menjangkau penerima manfaat dengan jumlah yang melebihi target karena pendekatan digital yang dilakukan. Digitalisasi merupakan tren yang menjadi bagian tidak terpisahkan dari perkembangan dunia, hingga ke kota-kota kecil.

"Dalam pelaksanaannya, FEED Mobile menggunakan dua metode yaitu pelatihan tatap muka dan penggunaan kanal digital sebagai alat pendukung. Sementara aplikasi Peduli Keuangan (PEKA) Android dan Peduli Keuangan (PEKA) SMS berfungsi sebagai sarana penyebaran informasi, artikel, tips, anjuran pengelolaan keuangan dan pengembangan usaha, serta sarana interaksi antar pengguna," ujarnya.

Agriculture and Financial Services Program Director, Mercy Corps Indonesia Andi Ikhwan menambahkan, program ini diharapkan mampu meningkatkan pertanian dan produktivitas perdagangan serta mengembangkan aset para petani dan pengusaha mikro kecil sehingga kesejahteraan ekonominya dapat meningkat.

Melalui pendanaan dari Citi Foundation, program FEED Mobile berhasil menjangkau 12.950 penerima manfaat yang telah dilatih dalam literasi keuangan dan pengembangan usaha, dimana 3.477 total penerima manfaat telah dapat mengakses tabungan atau produk keuangan dari lembaga keuangan formal yang sesuai dengan kebutuhan mereka.
                               

Pewarta: PR Wire
Editor: PR Wire
Copyright © ANTARA 2017