Kuala Lumpur (ANTARA News) - Agensi Penguatkuasaan Maritim Malaysia Daerah Maritim 4 Selangor (DM4) dibantu kapal kargo, RT Odin Berjaya, menyelamatkan empat WNI yang turut dalam pelayaran KM Berkat Mandiri, yang karam di perairan Indonesia dalam pelayaran dari Pelabuhan Klang ke Pelabuhan Belawan, Sumatera Utara.

Pengarah Maritim Daerah, Kapten Maritim Abu Zaki bin Hj Mohammad, di Kuala Lumpur, Kamis, mengatakan, pusat operasi DM4 menerima informasi kapal kontainer MOL COSMOS melihat empat orang terapung-apung lebih kurang 15,6 mil laut dari Tanjung Rhu.

"Kapal patroli maritim kemudian digerakkan ke lokasi itu dengan dibantu RT Odin. Empat orang korban yang jatuh ke laut berhasil diselamatkan RT Odin pada jarak lebih kurang 4,8 mil laut dari Permatang Sedepa sekitar jam tiga petang," katanya.

Dia mengatakan, semua korban itu warganegara Indonesia yang berumur antara 29-50 tahun kemudian diserahkan ke kapal patroli maritim, KM Bagan Datuk, untuk penyelidikan lebih lanjut.

"Hasil temuan anggota Maritim Malaysia mendapati kapal yang mereka tumpangi karam karena bocor di bagian bawah kapal sekitar jam 02.00 tadi," katanya.

Kapal itu bertolak dari Pelabuhan Klang pada 21 Oktober membawa barang ke Pelabuhan Belawan dan karam sekitar pukul 07.00 waktu setempat.

Dia mengatakan peralatan darurat seperti Emergency Locator Transmitter, Emergency Position Indicating Radio Beacon, dan Personal Locator Beacon, seharusnya dimiliki setiap kapal, perahu dan individu di laut untuk memudahkan bantuan. 

Pewarta: Agus Setiawan
Editor: Ade P Marboen
Copyright © ANTARA 2017