Menlu temui Presiden bahas kunjungan kenegaraan

Menlu temui Presiden bahas kunjungan kenegaraan

Menteri Luar Negeri Retno LP Marsudi (ANTARA /Akbar Nugroho Gumay)

Jakarta (ANTARA News) - Menteri Luar Negeri Retno Marsudi menemui Presiden Joko Widodo untuk membahas kunjungan kenegaraan dan kunjungan resmi ke lima negara di Asia Selatan.

"Menurut rencana, Presiden akan berkunjung ke lima negara minggu depan. Negara tersebut adalah Sri Lanka, India, Pakistan, Bangladesh, dan Afghanistan," kata Retno ditemui di halaman Istana Kepresidenan Jakarta pada Kamis.

Menurut Retno, misi yang akan dibawa dari tiap kunjungan tersebut berfokus pada upaya peningkatan kerja sama bilateral di bidang ekonomi.

Populasi penduduk yang besar dari beberapa negara yang akan dikunjungi seperti India, Pakistan dan Bangladesh, ujar Retno, dapat menjadi peluang bagi Indonesia untuk memperkokoh kerja sama di bidang ekonomi.

Kesuksesan kerja sama transportasi kereta api dengan Bangladesh serta ekspor batubara dan minyak sawit dengan sejumlah negara itu, tambah Retno, ingin diperluas ke negara lain di kawasan Asia Selatan.

"Selain itu tentunya diplomasi untuk kemanusiaan kita juga akan kita jalankan, diplomasi perdamaian kita juga akan kita bawa di dalam kunjungan Presiden ke lima negara tersebut," jelas Retno.

Presiden Jokowi saat di India juga akan menghadiri KTT India-ASEAN di New Delhi dan juga mendapat undangan menghadiri perayaan Republic Day India yang memperingati hari konstitusi India.
Pewarta : Bayu Prasetyo
Editor: Fitri Supratiwi
COPYRIGHT © ANTARA 2018