Bandung (ANTARA News) - Ribuan warga turun ke jalan memungut sampah di sejumlah ruas jalan utama perkotaan Kabupaten Garut, Jawa Barat, Selasa, dalam rangka kegiatan peduli lingkungan bertemakan "Garut Jalan Bersih" sebagai rangkaian memperingati Hari Jadi Garut ke-205.

Penanggung jawab kegiatan Garut Jalan Bersih, Dani mengatakan, aksi bersih sampah ini bagian dari gagasan kelompok anak muda Garut Creactive Society (GCS) yang peduli terhadap kebersihan di jalanan kota Garut.

"Kita selaku anak muda Garut tentunya ingin membuat sebuah gerakan yang positif dalam menyikapi permasalahan sampah di Kabupaten Garut," kata Dani.

Ia menuturkan, kegiatan membersihkan sampah di jalanan dengan melibatkan berbagai elemen masyarakat itu sesuatu yang baru dilaksanakan di Kabupaten Garut.

Gagasan kegiatan itu, kata dia, berawal dari keprihatinan kondisi lingkungan Garut yang hampir setiap sudut kota terdapat tumpukan sampah karena minimnya kesadaran masyarakat dalam membuang sampah.

"Dengan kegiatan Garut Jalan Bersih ini setidaknya ada banyak warga yang terlibat sehingga menjadi titik awal membangun kesadaran masyarakat terhadap sampah," katanya.

Ia menyampaikan, gerakan peduli lingkungan itu dikemas dalam kegiatan gerak jalan santai sambil memungut setiap sampah di sepanjang jalan yang dilintasi.

Setiap peserta, lanjut dia, membawa plastik sampah untuk menampung setiap sampah yang ditemukan di jalanan.

"Jika jalan santai yang biasa hanya melakukan perjalanan biasa saja, kali ini kita sama-sama memungut sampah sepanjang jalan yang dilewati, " katanya.

Ia menambahkan, gerakan sadar kebersihan lingkungan dari sampah tidak hanya digelar saat peringatan Hari Jadi Garut saja, tetapi akan terus berlanjut pada kegiatan yang berbeda.

"Menyadarkan masyarakat tidak bisa satu atau dua kali tapi harus sering dilakukan secara konsisten," katanya.

Pewarta: Feri Purnama
Editor: Fitri Supratiwi
Copyright © ANTARA 2018