Jakarta (ANTARA News) - Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan mengaku terkesan pada pembangunan yang dilaksanakan empat negara Skandinavia atau Nordik; Swedia, Finlandia, Denmark dan Norwegia. 
Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan bersama para Duta Besar Negara - Negara Nordic yakni Swedia,  Finlandia,  Denmark dan Norwegia usai konferensi pers di Balai Kota DKI Jakarta, Kamis (26/04/2018). Susylo Asmalyah/Antara
     "Nordik adalah negara-negara yang menarik, kenapa menarik karena berhasil melakukan pembangunan ekonomi dan pada saat yang bersamaan melakukan pemerataan kesejahteraan rakyatnya," kata Anies di Balaikota DKI Jakarta Pusat,  Kamis. 
     
Dan ditambah dengan menyelamatkan atau memperhatikan lingkungan hidup, kata dia. 
     
"Ekonomi tumbuh, ada pemerataan kesejahteraan tetapi lingkungan juga terjaga dan ini dijalankan melalui perencanaan yang amat baik," kata Anies. 
     
Empat negara ini menduduki nomor 11 perekonomian dunia dengan jumlah penduduk 25 juta jiwa. Dengan pembangunan lingkungan hidup dan pemerataannya baik ini menimbulkan rasa keadilan, kata dia. 
       
Negara Nordic berada di Eropa utara dan hendak datang ke ujung Tenggara Asia untuk berbagi pengalaman dan bertukar pikiran.
     
"Mereka mau berbagi pengalaman dan bertukar pikiran di sini," kata Anies.
 

Pewarta: Susylo Asmalyah
Editor: Jafar M Sidik
Copyright © ANTARA 2018