Menlu Retno Marsudi merupakan orang Indonesia pertama yang diberikan penghargaan tersebut
Jakarta (ANTARA News) - Menteri Luar Negeri RI Retno Marsudi menerima penghargaan El Sol del Peru atau The Sun of Peru, yakni penghargaan tertinggi bagi warga sipil dengan peringkat "Grand Cross" dari Pemerintah Peru.

Penghargaan itu diberikan saat kunjungan Menlu RI ke Lima, Peru, seperti disampaikan dalam keterangan pers dari Kementerian Luar Negeri RI yang diterima di Jakarta, Kamis.

Penghargaan itu diberikan kepada Menlu Retno Marsudi atas upayanya dalam memajukan hubungan dan kerja sama bilateral antara Indonesia dan Peru sejak menjabat sebagai Direktur Jenderal Amerika dan Eropa, Kementerian Luar Negeri RI.

Pada saat menjabat sebagai Dirjen Amerika dan Eropa, Retno Marsudi mengambil berbagai langkah untuk meningkatkan kerja sama bilateral Indonesia-Peru termasuk membentuk mekanisme dialog bilateral kedua negara.

Menurut catatan Kemlu RI, Menlu Retno Marsudi merupakan orang Indonesia pertama yang diberikan penghargaan tersebut.

Penghargaan yang diterima Menlu Retno Marsudi adalah penghargaan tertinggi yang diberikan Pemerintah Peru kepada warga sipil, baik untuk warga negara setempat maupun warga negara asing, atas jasa dan kontribusi mereka kepada Peru.

Baca juga: Menlu RI-Peru bahas kerja sama bilateral

Beberapa nama yang sebelumnya telah menerima penghargaan itu, antara lain Kaisar Jepang Akihito, Perdana Menteri Singapura Lee Hsien Loong, Perdana Menteri Rusia Dimitry Medvedev, Presiden Dewan Eropa Donald Tusk, Sekretaris Jenderal PBB Ban Ki moon, dan Menlu Rusia Sergey Lavrov.

Menlu RI menyampaikan bahwa dia menerima penghargaan atas nama rakyat Indonesia, para diplomat Indonesia dan rekan kerja di Peru yang selama ini telah bekerja keras dan memberikan komitmen bersama untuk terus meningkatkan hubungan dan kerja sama Indonesia-Peru ke tingkat yang lebih tinggi.

"Perjalanan hubungan bilateral Indonesia-Peru tidak mudah, namun perjalanan menuju Machu Picchu juga tidak mudah. Dengan penghargaan ini, Insya Allah menumbuhkan semangat lebih besar sehingga hubungan Indonesia-Peru dapat mencapai ketinggian seperti Machu Picchu," tutur Menlu Retno Marsudi saat menerima penghargaan tersebut.

Menlu RI Retno Marsudi melakukan kunjungan kerja ke Lima, Peru, untuk melaksanakan pertemuan bilateral dengan Menlu Peru, Néstor Francisco Popolizio Bardales, di Torre Tagle.

Kunjungan Menlu Retno merupakan kunjungan bilateral resmi pertama Menlu Indonesia ke Peru sejak dibukanya hubungan diplomatik kedua negara pada 1975.

Baca juga: Indonesia ajak G20 menjadi teladan-solusi global

Pewarta: Yuni Arisandy Sinaga
Editor: Monalisa
Copyright © ANTARA 2018