setiap malam kelompok tadarus ini khatam Alquran
Cikarang, Jawa Barat (ANTARA News) - Narapidana yang menjadi warga binaan Lembaga Pemasyarakatan Cikarang di Kabupaten Bekasi rutin tadarus Alquran selama bulan puasa, dan mengkhatam Alquran setiap malam selama Ramadhan.

Kepala Lapas Cikarang Kadek Anton Budiharta mengatakan kelompok tadarus warga binaan yang beranggotakan 37 orang memulai kegaiatn tadarus Alquran seusai salat tarawih.

"Setiap warga binaan di kelompok itu membaca setidaknya satu juz secara bergantian sehingga setiap malam kelompok tadarus ini khatam Alquran," katanya di Cikarang, Senin.

Kadek mengatakan pendidikan agama menjadi salah satu prioritas dalam kegiatan pembinaan di Lapas Cikarang, yang menjadikan kemampuan membaca Alquran sebagai salah satu faktor yang ikut membantu narapidana beragama Islam untuk mendapat pengurangan hukuman dan pembebasan bersyarat.

"Jadi ini memang menjadi komitmen kami agar minimal setelah mereka keluar dari sini sudah memiliki modal agama. Bisa membaca Alquran minimal Iqra Empat menjadi salah satu syarat mengurus PB (Pembebasan Bersyarat), CB (Cuti Bersyarat), dan memperoleh remisi di samping syarat lainnya," katanya.

Selama Ramadhan, Lapas Cikarang juga menggandeng Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) Kabupaten Bekasi untuk menggelar kegiatan pesantren Ramadhan yang diikuti lebih dari 1.500 warga binaan. Kegiatan itu mencakup pemberian materi kerohanian seperti tauhid, fiqih, dan tahfidzhul Alquran.

"Materi dan narasumbernya disiapkan oleh Baznas," kata Kadek.

Kegiatan ini diharapkan bisa meningkatkan nilai keimanan warga, serta memupuk silaturahim dan kerukunan sesama warga binaan di Lapas.

Ketua Baznas Kabupaten Bekasi Abdul Aziz mengatakan lembaganya bekerja sama dengan Lapas Cikarang sejak tahun 2017.

"Tahun lalu kita pecahkan rekor MURI (Museum Rekor Indonesia) membaca Alquran serentak seluruh warga binaan dan di kesempatan yang sama pula kita membagikan 300 Alquran ke Lapas," katanya.

Sementara kegiatan Ramadhan di Lapas Cikarang tahun ini meliputi pesantren 20 hari yang melibatkan pengisi materi dari Kementerian Agama Kabupaten Bekasi, Dompet Dhuafa, dan Komunitas Kampung Quran Cikarang yang membantu dalam pelatihan baca tulis Alquran.

Baca juga: Lapas Pariaman intensifkan program keagamaan selama Ramadhan

Pewarta: Pradita Kurniawan Syah, Mayolus Fajar Dwiyanto
Editor: Maryati
Copyright © ANTARA 2018