Surabaya (ANTARA News) - Calon gubernur pada Pemilihan Kepala Daerah Jawa Timur (Pilkada Jatim) Khofifah Indar Parawansa menggunakan hak pilihnya dengan diiringi salawat yang digemakan oleh para pendukungnya.

Mantan Menteri Sosial itu berjalan kaki menuju Tempat Pemungutan Suara (TPS) 016 yang berjarak sekitar 20 meter dari kediamannya di Jalan Jemur Wonosari Surabaya, pada sekitar pukul 10.30 WIB, Rabu.

Di TPS tersebut Khofifah tercatat sebagai Daftar Pemilih Tetap (DPT) nomor 217.

Pasangan Emil Elestianto Dardak pada Pilkada Jatim 2018 itu menggunakan hak pilih didampingi tiga anaknya dengan DPT yang berurutan, yaitu putrinya Patimasang nomor 218, serta dua putranya, Jalaludin Managali nomor 219 dan Yusuf Managali nomor 220.

Kepada wartawan, usai menggunakan hak pilihnya, Khofifah mengimbau agar masyarakat Jawa Timur tidak golput.

"Masih ada waktu, TPS buka sampai siang nanti pukul 13.00 WIB. Silahkan masyarakat menyalurkan hak suaranya dengan datang ke TPS," tuturnya.

Sebelum menggunakan hak pilihnya, Khofifah bersama kerabat dan pendukungnya tadi pagi menyembatkan berziarah ke makam keluarganya di Tempat Pemakaman Khusus Islam Wonocolo Surabaya yang berjarak sekitar 500 meter dari kediamannya.

Setelah itu juga digelar pengajian di rumahnya yang dihadiri oleh para pendukungnya.

"Nanti agak sore juga ada pengajian yang dihadiri oleh Mas Emil," ucapnya.

Khofifah berpasangan dengan Emil Elestianto Dardak pada Pilkada Jatim 2018 diusung oleh koalisi partai politik Demokrat, Golkar, Hanura, PPP, PAN dan Nasdem. Pasangan lainnya yang mengikuti Pilkada Jatim adalah Saifullah Yusuf-Puti Guntur Soekarno, yang diusung koalisi PDIP, PKB, PKS dan Gerindra.

Baca juga: Khofifah ziarah ke makam keluarga sebelum nyoblos

Baca juga: Istri Ketum PBNU pimpin doa untuk Khofifah

Pewarta: Slamet Agus Sudarmojo/Hanif Nashrullah
Editor: Fitri Supratiwi
Copyright © ANTARA 2018