Jakarta (ANTARA News) - Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman Luhut Binsar Pandjaitan mengatakan Amerika Serikat memandang Indonesia sebagai negara penting sehingga hubungan kemitraan strategis kedua negara harus dijaga.

"Amerika Serikat adalah `partner` strategis Indonesia dalam kerja sama ekonomi, pendidikan, kontra terorisme dan kerja sama maritim. Dan Indonesia sudah pula memainkan perannya dengan baik karena Amerika Serikat memandang Indonesia sebagai negara penting di kawasan untuk menjaga stabilitas berkat pertumbuhan ekonomi yang signifikan dan juga stabilitas politiknya," kata Luhut dalam keterangan tertulis di Jakarta, Kamis.

Luhut menghadiri undangan sebagai tamu kehormatan dalam perayaan Hari Kemerdekaan Ke-242 Amerika Serikat di Kediaman Duta Besar Amerika Serikat untuk Indonesia Joseph R. Donovan di Jakarta, Rabu (4/7) malam.

Menurut dia, Indonesia dan Amerika Serikat mempunyai sejarah hubungan kemitraan strategis yang sangat penting.

Ia juga mengungkapkan visi antara Amerika Serikat dan Indonesia yang tidak jauh berbeda dalam hal peningkatan kerja sama, khususnya dalam bidang maritim di antaranya kerja sama bilateral mengenai perang terhadap "illegal fishing", masalah lingkungan dan juga sama-sama menghormati hukum internasional yang berlaku.

"Perang terhadap `illegal fishing` itu sangat penting agar masyarakat bisa menikmati lebih hasil lautnya. Indonesia dan Amerika Serikat juga menjunjung tinggi `freedom of navigation` dan dalam waktu dekat ini kami juga akan meningkatkan kerja sama di bidang `coast guard`, masalah sampah laut dan juga di bidang teknologi. Saya kira kita tidak akan berhenti bekerja sama dengan sahabat kita Amerika Serikat," tambahnya.

Dubes Amerika Serikat Joseph R. Donovan juga menyatakan apresiasi dan penghargaannya kepada pemerintah Republik Indonesia dalam perayaan hari kemerdekaan negaranya dan juga perayaan 70 tahun hubungan persahabatan Indonesia-Amerika Serikat.

Baca juga: Luhut serahkan kisruh internal Garuda kepada Rini

"Kemitraan antara Indonesia dan Amerika Serikat sangat spesial karena kemitraan kita langsung di jantung Asia Pasifik, kemitraan ini berdasarkan nilai yang kita anut bersama yaitu nilai demokrasi, nilai toleransi dan perasaan saling menghormati satu dengan lainnya. Indonesia dan Amerika Serikat sama-sama menjunjung tinggi hak-hak bagi warga negaranya untuk mempercayai keyakinan mereka masing-masing," katanya.

Dubes Joseph juga menuturkan, kepentingan bersama Indonesia dan Amerika Serikat memungkinkan untuk bekerja sama dalam berbagai area seperti investasi dan pendidikan.

Dia juga menegaskan kesuksesan pertumbuhan Indonesia dipandang sangat penting untuk meningkatkan hubungan kemitraan tahun-tahun mendatang.

"Kami akan pastikan, tahun-tahun kedepan kita akan lebih meningkatkan lagi kemitraan kita dengan Indonesia," tutupnya.

Baca juga: Bank Dunia diharapkan dukung indonesia perangi sampah plastik

Pewarta: Ade Irma Junida
Editor: Suryanto
Copyright © ANTARA 2018