Bandarlampung (ANTARA News) - Api abadi Asian Games 2018, akhirnya sampai di tugu Adipura, Kota Bandarlampung, Rabu siang setelah menempuh perjalanan melewati kawasan utara provinsi Lampung sejak Selasa (7/8).

Selepas dari Provinsi Sumatera Selatan, obor Asian Games 2018 memasuki Kabupaten Mesuji di ujung utara Provinsi Lampung memasuki Kabupaten Tulang Bawang pada Selasa (7/8). Dan pada hari Rabu ini, api Asian Games 2018 dibawa oleh rombongan ke Bandarlampung.

Mulai dari kawasan flyover mal Boemi Kedaton sekitar pukul 09:00 WIB, api Asian Games diarak sekitar 13 kilometer mengelilingi sudut-sudut kota Bandarlampung dan diakhiri dengan penyalaan caldron yang ada di depan Tugu Adipura, Bandarlampung, sekitar pukul 13:30 WIB.

Pembawa obor sendiri terdiri dari 10 orang atlet binaan daerah Lampung, para menteri yakni Menteri BUMN Rini Soemarno, Menteri Keuangan Sri Mulyani, Ketua MPR Zulkifli Hasan, Ketua INASGOC Erick Thohir, artis Indra Bekti dan para pejabat daerah Provinsi Lampung dan Kota Bandarlampung yang juga dikawal dua gajah jinak dari Taman Nasional Way Kambas (TNWK).

Masyarakat Bandarlampung sendiri tumpah ruah menyambut datangnya api abadi ke kota mereka dengan memadati sisi kiri dan kanan rute iring-iringan api Asian Games hingga ke kawasan Tugu Adipura di tengah kota Bandarlampung kendati sinar matahari terasa sangat menyengat di kota tersebut.

"Saya ingin lihat kirab obor yang dikawal gajah dari TNWK," kata Nono seorang warga Bandarlampung yang datang dalam keriuhan penyambutan api abadi di Tugu Adipura tersebut.

Zulkifli Hasan menjadi pembawa obor terakhir di Provinsi Lampung. Putra daerah itu pun langsung naik ke panggung untuk menyalakan api Asian Games di tempat yang sudah disediakan.
 
Acara menyemarakan pawai obor Asian Games 2018 itu tidak hanya berhenti sampai situ saja. Pihak panitia juga menggelar pesta rakyat tepat di depan Tugu Adipura yang menjadi ikon Lampung hingga Rabu malam.

Pewarta: Ricky Prayoga
Editor: Tasrief Tarmizi
Copyright © ANTARA 2018