Jakarta, 12/8 (ANTARA News) - Menteri Sosial (Mensos) Idrus Marham bermain bersama anak-anak dalam acara Gebyar Prestasi Keluarga Sejahtera Indonesia 2018 di Bumi Perkemahan Cibubur, Minggu.

Seperti di Planet Gerak, Mensos bersama para pejabat Eselon Satu di Kementerian Sosial, mereka bermain bola dan permainan lainnya.

Di Planet prestasi, Mensos menantang kemampuan anak-anak dalam cerdas cermat. Mensos juga ikut bermain angklung di Planet Seni.

Anak-anak bergembira di sembilan panggung yang dinamakan Planet Gerak (prestasi olah raga), Planet Ilmu (prestasi akademik), Planet Hati (prestasi keagamaan), Planet Seni (prestasi seni dan budaya), Planet Unik (prestasi yang unik), Planet Kreatif (produk ekonomi kreatif), Planet Dolanan (permainan tradisional), Planet Ceria (permainan anak anak), dan Planet Kuliner (jualan aneka makanan produk KPM yang sudah graduasi).

Di panggung utama, anak-anak diajak bergembira oleh pemerhati anak Kak Heni. Mereka diajak bernyanyi dan bergoyang.

Di Planet Gerak, anak-anak yang berprestasi dalam bidang olahraga memperlihatkan kemampuannya, seperti karate, tarung drajat dan taekwondo.

Juga digelar workshop pencak silat, takwondo, Jiu-Jitsu diiringi rampak gendang, atraksi juggling bola, lomba penalti, dribling bola basket, permainan raket dan shuttle kock.

Selain itu ada lomba keterampilan bermain olahraga, lomba bermain catur bersama juara catur internasional penyandang disabilitas, lomba tenis meja. Bintang tamu di planet ini adalah Adi Pratama yang merupakan anggota timnas basket.

Di Planet prestasi, anak-anak disuguhi profil anak berprestasi di bidang juara kelas tingkat SD hingga perguruan tinggi, penerima beasiswa Bidikmisi, juara olimpiade pendidikan, serta juara cerdas cermat.

Di Planet ini anak-anak bisa menikmati fasilitas rumah baca/perpustakaan keliling dan demo fisika itu asyik oleh tim dari IPB, serta dapat mengikuti kuis cerdas cermat, kuis tebak tokoh, dan lomba menulis surat untuk Presiden. Bintang tamu di Planet Ilmu adalah Gita Gutawa dan Tim Fisika Asyik IPB.

Di Planet Hati, terdapat profil anak berprestasi di bidang keagamanaan, pameran penghargaan anak berprestasi di antaranya juara MTQ, juara hafidz Al Quran, juara tausiyah kultum, juara pildacil, juara kaligrafi.

Ada juga penampilan pendakwah cilik, pendeta cilik, biksu cilik. Lomba sambung ayat, lomba membaca Al Quran, lomba marawis/qasidah/nyanyian rohani. Bintang tamu di planet ini adalah Ustad Iqbal dari Aksi Indosiar 2016.

Planet Seni, sesuai namanya, planet ini menampilkan beragam prestasi anak-anak di bidang kesenian. Misalnya juara menyanyi, juara vocal group, juara baca puisi, juara tari, juara dongeng. Workshop di planet ini ada tiga, yakni tarian Nusantara, menyanyi, baca dongeng dan puisi. Bintang tamu di Planet Seni adalah Naura yang merupakan penyanyi cilik, serta Rara yang merupakan salah satu juara dalam Liga Dangdut Indonesia 2018 di Indosiar.

Di Planet Unik, anak-anak diajak melihat beragam karya unik anak-anak berprestasi di bidang seni dan keterampilan. Untuk workshop, anak-anak dibimbing untuk melukis bersama dan membuat keterampilan kreatif dari bahan-bahan daur ulang. Bintang tamu di Planet Seni adalah Seniman Lukis Harry Hikmat dan seniman musik Dan Nicky.

Planet Kreatif dipamerkan pameran hasil produksi ekonomi kreatif keluarga, kegiatan transaksi jual beli proruk kreatif oleh anak-anak, kegiatan membatik, pameran kerajinan tangan serta produk makanan dan minuman ringan hasil karya keluarga kreatif. Bintang tamu di planet ini adalah direksi perbankan nasional yakni dari BNI, BRI, BTN, dan Bank Mandiri.

Di Planet Tradisional anak-anak akan bertemu dengan Duta Komunitas Adat Terpencil (KAT) yakni Kak Krisna Mukti. Bersama Kak Krisna, anak-anak diajak bermain engklek, egrang, ogok ban, lompat karet dan gobak sodor. Ada pula lomba permainan tradisional, workshop membuat egrang dari batok kelapa, serta memberikan kesempatan anak-anak untuk menjajal permainan tradisional seperti tulup, gasing, dan yoyo.

Planet Ceria, seperti namanya, di planet ini anak-anak dapat bergembira dan ceria menikmati beragam aktivitas seru dan menantang. Mulai dari workshop dari para relawan Taruna Siaga Bencana (Tagana) seperti Vertical Rescue, Water Rescue, trampolin, dan inlatable baloon. Bintang tamu di planet ini adalah Moreno yang merupakan Pebalap dan Putri yang merupakan Duta Tagana Indonesia.

Selain itu, tersedia stan makanan dari peserta PKH yang sudah mandiri, seperti bakso, aneka makanan kecil, minuman dan produk lainnya.

Sebelumnya Mensos Idrus Marham mengungkapkan kegiatan itu diikuti 6.000 peserta, terdiri dari 2.500 anak-anak berprestasi dan 1.500 Keluarga Penerima Manfaat (KPM) Program Keluarga Harapan (PKH).

Hadir juga anak-anak penyandang disabilitas dan anak-anak berprestasi lainya. Selebihnya Pendamping PKH, Satuan Bakti Pekerja Sosial, petugas panti, relawan sosial, dunia usaha, perguruan tinggi, dan dinas sosial provinsi/kabupaten/kota.

Menteri mengatakan tujuan kegiatan ini adalah pertama, memotivasi anak-anak bahwa kesuksesan tidak hanya bergantung pada fasilitas yang tersedia. Prestasi yang tinggi dapat diraih karena adanya ketekunan, kegigihan dalam berjuang dan berusaha, serta kerja keras pantang menyerah.

Kedua, mendorong lahirnya tradisi prestasi dalam diri anak-anak dan menjadikan prestasi sebagai instrumen yang dapat meningkatkan produktivitas. Melalui prestasi diharapkan masyarakat dapat meningkatkan kesejahteraan masyarakat sehingga angka kemiskinan dapat ditekan.

Ketiga, menebar benih-benih kemandirian untuk masa depan sehingga dapat mengangkat dari kondisi kemiskinan keluarga yang permanen.

Baca juga: Mensos: Tidak ada alasan bansos terlambat

Baca juga: Mensos: Agustus bulan tuntas PKH tahap ketiga



 

Pewarta: Desi Purnamawati
Editor: Virna P Setyorini
Copyright © ANTARA 2018