Cikarang (ANTARA News) - Tim nasional Vietnam memetik tambahan tiga poin klasemen Grup D usai menang atas Nepal 2-0 dalam laga penyisihan sepak bola putra Asian Games XVIII/2018 di Stadion Wibawa Mukti Cikarang, Kabupaten Bekasi, Jawa Barat, Kamis malam.

Dua gol kemenangan Vietnam disumbang oleh Nguyen Anh pada menit 30 dan Van Duc Phan pada menit 63.

Nepal tampil mendominasi menit awal babak pertama melalui penguasaan bola di lini tengah lapangan Stadion Wibawa Mukti Cikarang, Kabupaten Bekasi, Jawa Barat.

Enam menit berselang, Vietnam membalikan keadaan dengan menunjukan agresivitasnya lewat lini sayap penyerang, namun Limbau Kiran berulang kali sukses melakukan penyelamatan gawang Nepal dari kebobolan.

Gol nyaris terjadi pada menit 12 saat Nguyen Anh lolos dari sergapan lini tengah Nepal sampai ke kotak penalti, namun ancaman itu dipotong lewat sliding Tamang Ananta di mulut gawang.

Adalah Nguyen Anh yang berhasil memecah kebuntuan Vietnam pada menit 30 melalui sundulan kepala yang memaksa Limbu Kiran memungut bola dari dalam gawang Nepal.

Gol perdana itu buah dari kerja sama Nguyen dengan Phan Van lewat umpan lambung sayap yang berhasil mengubah kedudukan papan skor 1-0 untuk Vietnam.

Serangan balik Rohit Chand dan kolega lewat umpan jarak jauh dan tendangan spekulasi Nepal selalu meleset dari target karena akurasinya yang lemah.

Pelatih Gyotoku Koji memutuskan mengganti penyerang, Abishek Rizal dengan Heman Gurung untuk bisa keluar dari tekanan Vietnam dua menit menjelang berakhirnya babak pertama.

Namun hingga 2 menit tambahan waktu, kehadiran Heman Gurung belum mampu mengubah kedudukan papan skor 1-0 untuk keunggulan sementara Vietnam.

Usai turun minum, tim asuhan Hang Seo Park masih mempertahankan akurasi operan bola pemainnya untuk menguasai lapangan.

Adalah Van Duc Phan yang sukses mengonversi operan Anh Duc Nguyen pada menit 63 menjadi gol kedua bagi Vietnam.

Operan pendek Nguyen di dalam kotak penalti langsung disambar Phan yang menanti di depan gawang lawan tanpa kawalan pemain Nepal.

Sepakan menyudut ke dalam gawang sulit dijangkau Limbu Kiran hingga kembali mengubah angka papan skor 2-0 untuk keunggulan Vietnam.

Gol Van Duc Pan mengantarkan Vietnam menambah tiga poin klasemen Grup D hingga berakhirnya pertandingan.

Susunan pemain:

Nepal: Limbau Kiran (C/GK), Tamang Ananta, Chaudhary Aditya, Rai Bishal, Lama suman, Gharti Magar, Shresta Kamal, Asryal Suman, Rijal Abishek, Thapa Magar, Chand Rohit.

Vietnam: Bui Tien Dung (GK), Pham Xuan Manh, Bui Tien Dung (DF), Nguyen Anh, Lham Duc Huy, Vu Van Thanh, Do Hung Dung, Nguyen Quang, Pan Van Duc, Tran Dinh Trong.

(T.KR-AFR/B/B015/C/B015)
 

Pewarta: Andi Firdaus
Editor: Irwan Suhirwandi
Copyright © ANTARA 2018