Denpasar (ANTARA News) - Kepolisian Daerah Bali terus meningkatkan pengamanan di kawasan Nusa Dua, Bali, menjelang Pertemuan Tahunan Dana Moneter Internasional dan Bank Dunia (IMF-WB) dengan melakukan patroli arus lalu lintas melalui udara menggunakan helikopter.

"Pemantauan kelancaran arus lalu lintas melalui jalur udara ini guna mendukung terselenggaranya IMF-WB di Bali agar berjalan lancar," kata Kasat Lantas Polresta Denpasar Kompol Rahmawaty Ismail, di Denpasar, Kamis.

Ia mengatakan, pemantauan arus lalu lintas melalui udara ini terfokus di sejumlah titik seperti jalan tol menuju Nusa Dua, BNDCC dan hotel-hotel yang ada di Nusa Dua, kemudian objek wisata GWK.

Dengan melakukan ini, kata Rahmawaty, dapat dievaluasi penempatan personel Polda Bali yang akan dilibatkan dan ditempatkan di setiap persimpangan dalam pengamanan IMF-WB nanti.

"Kami ingin melihat sejauh mana arus lalu lintas dan jalur alternatif mana saja yang bisa dilalui masyarakat saat pertemuan ini berlangsung, sehingga mencegah terjadinya kemacetan," katanya.

Ia menegaskan, pemantauan arus lalu lintas melalui udara ini sesuai arahan Kapolda Bali agar terus mengecek kesiapan pengamanan lalu lintas dan penyiagaan personel.

Hal serupa dilakukan jajaran Korps Sabhara Polda Bali yang melakukan pengecekan pasukan yang akan bersiaga jelang pertemuan IMF-WB di Nusa Dua, agar betul-betul siap dalam melakukan pengamanan di lokasi pertemuan.

Kepala Korps Sabhara Baharkam Polri Irjen Pol Sudjarno mengatakan, gelar pasukan yang dilakukan di Lapangan Niti Mandala Renon Denpasar guna mengetahui kesiapan personel dalam pengamanan IMF-WB.

"Saya ingin melihat kesiapan Ditsabhara dan Ditpamobvit Polda Bali sejak awal, bagaimana sarana pendukung dan kelengkapannya dalam pengamanan nanti, karena semua personel saya minta bertugas secara penuh dengan sarana persenjatan yang memadai dan berfungsi dengan baik," katanya.

Ia merasa bangga karena Kapolda Bali Irjen Pol Petrus R Golose sangat peduli dan mendukung Ditsabhara lebih besar, karena Sabhara merupakan andalan Kapolda Bali.

Salah satu contohnya beliau membentuk tim Sabata dari Ditsabhara Polda Bali, dalam memberantas kejahatan jalanan termasuk preman yang meresahkan masyarakat Bali.

"Saya sangat optimistis jajaran Sabhara Polda Bali akan mampu bekerja dengan baik dalam rangka pengamanan sidang tahunan yang akan dilaksanakan di Pulau Bali ini," ujarnya.

Pewarta: I Made Surya Wirantara Putra
Editor: Ruslan Burhani
Copyright © ANTARA 2018