Jakarta (ANTARA News) - Calon Wakil Presiden RI nomor urut 02  Sandiaga Salahuddin Uno mengunjungi Pasar Cihapit di Jalan Cihapit Bandung, Rabu yang merupakan  pasar yang ditata dengan baik.
       
Menurutnya, pasar Cihapit adalah contoh pembangunan pasar kolaboratif dan partisipatif yang melibatkan masyarakat, akademisi, pengusaha, pemerintah dan pedagang pasar. 
     
“Saya sering lihat gambar pasar Cihapit dari instagram dan cerita Kang Emil (Gubernur Jabar) waktu masih jadi  walikota. Pak Emil menceritakan pasar ini dalam kapasitas saya sebagai Ketua Umum APPSI. Dan pasar ini memang bagus,” kata Sandiaga dalam keterangan tertulis diterima di Jakarta, Rabu.
       
Cawapres pasangan Prabowo Subianto saat ke pasar didampingi penggerak pasar Cihapit Ny Cilik Ari Lik Gayantini. Menurut Cilik tadinya pasar ini  ingin direvitalisasi tiga tahun lalu. Namun pedagang menolaknya dan mereka demo.
     
Namun setelah melakukan dialog dan upaya meningkatkan kesejahteraan pedagang pasar, mereka menerima. Para pedagang juga ikut sumbang saran dan terlibat aktif dalam membentuk kembali pasar dengan pedagang yang sudah sampai lima generasi tersebut. Kini Cihapit menjadi salah satu pasar terbaik di Kota Bandung. 
     
Pasar Cihapit bukan hanya dari sekadar pasar, tapi juga pusat komunitas. Ada koperasi, PAUD, latihan angklung, menari, pusat enterpreuner. 
       
Selain  itu untuk menarik datangnya pembeli, tiap hari ada kegiatan. Misanya Selasih ( Selasa Bersih-bersih) dan Rabu semua pedagang mengenakan baju daerah. Juga ada pojok instragamable. Gang penuh warna yang dilukis anak-anak para pedagang. 
     
"Pasar Cihapit jauh dari cap pasar tradisional yang kumuh, bau dan becek. Ini menjadi pusat ekonomi. Juga dilengkapi info pasar di LED besar, sehingga para pedagang  pasar tahu harga-harga paling kini dari bahan kebutuhan pokok. 
     
Sandiaga juga menyempatkan diri sarapan di Ma’ Eha dan ngupi di Los Cihapit. Cawapres yang diusung dari partai Gerindra, Partai Keadilan Sejahtera (PKS), Partai Amanat Nasional (PAN) dan Demokrat ini juga  berpose di lokasi instragamable di Pasar Cihapit.

Baca juga: Sandiaga naik delman kunjungi pasar rakyat di Cilandak

Baca juga: Sandiaga bersama ustad Solmed kunjungi pasar induk Kramat JatiBaca juga: Sandiaga bersama ustad Solmed kunjungi pasar induk Kramat Jati

Baca juga: Sandiaga kunjungi Pasar Gede Solo

Pewarta: Susylo Asmalyah
Editor: Ruslan Burhani
Copyright © ANTARA 2018