Jakarta (ANTARA News) - Hari Sumpah Pemuda yang jatuh setiap tanggal 28 Oktober bagi Oppie Andaresta seharusnya bisa dijadikan momentum, terutama bagi para pemuda untuk mengingat kembali keberagaman bangsa Indonesia.

Apalagi akhir-akhir ini menurutnya banyak upaya yang dilakukan untuk memecah belah persatuan bangsa. Padahal sejatinya Indonesia itu memiliki keragaman budaya, suku, dan juga agama.

"Hari sumpah pemuda itu diingatkan kembali tentang persatuan. Akhir-akhir ini banyak cara memecah belah. Perlu momen yang kita diingatkan kembali kalau kita itu kaya dan berbeda," ucap Oppie Andaresta saat berbincang di Jakarta, Sabtu.

Baca juga: Bikin musikalisasi puisi jadi tantangan bagi Oppie Andaresta
 
Pelantun "Single Happy" itu menambahkan, "Dari kekayaan dan perbedaan itu bersumpah para pemuda dahulu bahwa perbedaan adalah kekayaan yang mengingatkan kita itu satu nusa, satu bangsa, satu bahasa," ujarnya.

Banyak cara yang bisa dilakukan anak muda untuk menjaga persatuan bangsa. Salah satunya melalui ide kreativitas yang dapat berguna bagi kemajuan bangsa. Terlebih menurutnya anak muda Indonesia sekarang ini memiliki kreatifitas yang sangat tinggi.

"Zaman itu cepat perkembangannya, kamu tinggal milih mau maju atau tertinggal. Jadi jangan mau dibodohi dengan hal remeh remeh yang bikin kamu jadi nggak kreatif," tutupnya.

Baca juga: Oppie Andaresta bawakan puisi Joko Pinurbo lewat nyanyian
 

Pewarta: Yogi Rachman
Editor: Fitri Supratiwi
Copyright © ANTARA 2018