Kemenristekdikti siapkan kebijakan audit teknologi

Kemenristekdikti siapkan kebijakan audit teknologi

JELANG KONTES ROBOT TERBANG INDONESIA Mahasiswa Institut Teknologi Sepuluh Nopember Surabaya (ITS) yang tergabung dalam tim robot Bayucaraka ITS menguji coba pesawat Soeromiber v3 di Surabaya, Jawa Timur, Rabu (31/10/2018). Tim robot Bayucaraka ITS menjadi salah satu tim peserta dalam ajang Kontes Robot Terbang Indonesia (KRTI) 2018 pada 5-10 November 2018 di Lampung yang mengusung tema "Menuju Kemandirian Teknologi Wahana Terbang Tanpa Awak." ANTARA FOTO/Moch Asim/foc. (ANTARA FOTO/MOCH ASIM)

Jakarta  (ANTARA News) - Direktur Jenderal Penguatan Inovasi Kementerian Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi (Kemenristekdikti) Jumain Appe mengatakan pihaknya sedang menyiapkan kebijakan mengenai audit teknologi yang terintegrasi.
      
"Kebijakan ini akan berfungsi sebagai instrumen dalam menata kemandirian teknologi, inovasi, penguatan struktur industri, dan keamanan nasional serta perlindungan bagi masyarakat," ujar Jumain dalam siaran pers yang diterima di Jakarta, Senin.
     
Dia menjelaskan audit tersebut sangat diperlukan terutama pada era revolusi industri 4.0.  Audit sangat diperlukan sebagai pengendali dan pengaturan. Kebijakan tersebut nantinya akan dijadikan dalam bentuk peraturan presiden.
       
Jumain menjelaskan audit teknologi pada dasarnya merupakan instrumen yang digunakan pemerintah dalam menjalankan tanggung jawabnya untuk peningkatan daya saing.
      
"Audit teknologi, akan berdampak signifikan jika dapat dilaksanakan secara lintas sektor baik di pusat maupun daerah namun tetap terintegrasi melalui sebuah forum," katanya.

Ia juga menjelaskan, audit teknologi juga berperan untuk mengetahui kekuatan dan kelemahan teknologi yang dimiliki sebuah lembaga. Kemudian untuk mengukur kinerja teknologi, peningkatan produktivitas, peningkatan efektivitas dan efisiensi.
      
Kemudian, untuk melakukan identifikasi risiko-risiko penguatan teknologi dan mencegah kerugian akibat penggunaan teknologi.
       
Jumain menjelaskan akan dibentuk forum nasional yang bakal mengarahkan kebijakan teknologi.
   
Baca juga: Kemenperin siapkan regulasi Audit Teknologi Industri
Baca juga: BPPT dorong kemandirian bangsa dalam penerapan teknologi
Baca juga: IATI: perlu kemandirian teknologi cegah penyadapan

 

Pewarta : Indriani
Editor: Budhi Santoso
COPYRIGHT © ANTARA 2018