Palangka Raya, 14/12 (ANTARA News) - Gubernur Kalimantan Tengah, Sugianto Sabran memberikan penghargaan lima kabupaten di provinsi setempat terkait pemberdayaan perempuan.

"Saya mendapat laporan, bahwa tiap kabupaten dan kota sudah aktif merespon ini secara nasional. Saya menyambut baik hal ini, terlebih karena semua daerah sudah mengikuti penilaian responsif gender," kata Sugianto di Palangka Raya, Jumat.

Lima Kabupaten tersebut secara berturut-turut dari nilai tertinggi yakni pertama Kabupaten Kotawaringin Barat, Murung Raya, Kapuas, Katingan dan Sukamara.

Gubernur berharap, kelima kabupaten yang mendapat penghargaan di tingkat provinsi tersebut bisa mendapatkan penghargaan di tingkat nasional.

"Namun, di satu sisi saya menekankan agar yang dilihat tidak hanya penghargaan. Akan tetapi yang menjadi tolak ukur itu bagaimana pemerintah melihat pembangunan ini dari kesejahteraan, khususnya perempuan dan anak," kata Sugianto.

Di sisi lain, Gubernur Kalteng juga berharap peran perempuan dalam pembangunan terus ditingkatkan. Jajaran SOPD Pemprov Kalteng juga diminta membuat terobosan nyata untuk meningkatkan peran perempuan.

Contohnya, kata dia, pelaku usaha mikro kecil dan menengah (UMKM) yang kebanyakan digeluti oleh ibu-ibu harus didukung, khususnya dari sisi anggaran.

"Ini sebagai bentuk kepedulian pemerintah, karena apapun itu kita ingin peran perempuan semakin besar di Kalteng. Tidak hanya dalam pembangunan, namun di semua bidang," katanya.

Orang nomor satu di Provinsi berjuluk "Bumi Tambun Bungai dan Bumi Pancasila" itu juga meminta seluruh kabupaten dan kota semakin memerhatikan pembangunan, pemberdayaan dan perlindungan perempuan.

Pewarta: Rendhik Andika
Editor: Jaka Sugiyanta
Copyright © ANTARA 2018