BNN Garut sebar intelijen pada malam pergantian tahun

BNN Garut sebar intelijen pada malam pergantian tahun

Logo BNN. (BNN )

Garut (ANTARA News) - Badan Narkotika Nasional (BNN) siap menyebarkan intelijen sebagai upaya pencegahan dan penindakan peredaran dan penggunaan narkotika serta obat-obatan terlarang pada malam pergantian tahun di Kabupaten Garut, Jawa Barat.

Plt. Kepala BNN Kabupaten Garut Asep Sahrudin ketika menggelar jumpa pers akhir tahun 2018 di Kantor BNN Garut, Senin, mengatakan bahwa pada malam pergantian tahun banyak orang melakukan berbagai kegiatan berpesta secara berlebih-lebihan, bahkan cenderung bisa menyalahgunakan narkoba untuk kegiatan mereka. Hal ini perlu diantisipasi.

Petugas dari penyidik BNN Kabupaten Garut, kata dia, siap bertugas di beberapa titik wilayah Garut, terutama di kawasan yang memiliki potensi penyalahgunaan narkoba.

Operasi intelijen yang tidak akan diketahui oleh masyarakat itu, kata dia, sebagai upaya BNN Garut melakukan pencegahan dan pemberantasan peredaran narkoba di wilayah Garut pada malam pergantian tahun.

"Ada orang-orang lidik yang turun ke tempat berpotensi, ini untuk antisipasi," katanya.

Upaya pengamanan malam tahun baru itu dilakukan secara bersama-sama dengan seluruh jajaran instansi terkait, seperti melakukan patroli ke beberapa tempat, termasuk memeriksa tempat yang disinyalir menjual minuman keras.

Selain itu, pihaknya bersama unsur petugas lainnya telah melakukan razia ke tempat hiburan dan kafe, kemudian memeriksa urine pengunjung untuk mendeteksi awal penggunaan narkoba.

"Hasil pemeriksaan dari 37 orang yang dites (urine) hanya 10 orang negatif," kata Asep.

Penyalahgunaan narkoba di Kabupaten Garut, kata dia, cenderung jenis ganja, sedangkan jenis narkoba lainnya tidak ada.

Menurut dia, kecenderungan kasus ganja itu karena Garut memiliki lahan yang dapat tumbuh subur tanaman ganja, seperti yang sudah beberapa kali terungkap dengan kualitasnya hampir sama dengan tanaman ganja di Aceh.

"Potensinya sangat besar, didukung oleh cuaca, bahkan ganja di Garut itu menyamai ganja Aceh," katanya.

Baca juga: BNN Sumsel deteksi masuknya narkoba di bandara
Baca juga: Puluhan pelajar SMP Timika ikuti sosialisasi bahaya narkoba
Baca juga: Polisi-TNI gelar razia di tempat hiburan malam
Pewarta : Feri Purnama
Editor: Ruslan Burhani
COPYRIGHT © ANTARA 2018