Paling banyak memang di Jawa Timur karena di sini rusun itu betul-betul dipakai dan sangat dibutuhkan
Tulungagung (ANTARA News) -  Presiden Joko Widodo (Jokowi) meresmikan empat proyek pembangunan di Kabupaten Tulungagung,  Jawa Timur,  Jumat yaitu tiga proyek pembangunan rumah susun sewa (rusunawa) dan satu proyek jembatan penghubung. 

"Pagi hari ini saya resmikan Rusunawa Mahasiswa IAIN Tulungagung, Rusunawa Mahasiswa STKIP PGRI Tulungagung, Rusunawa Jepun Pemda Tulungagung dan Jembatan Ngujang II," kata Presiden Jokowi saat acara peresmian yang dipusatkan di Rusunawa STKIP PGRI Tulungagung, Jawa Timur (Jatim), Jumat. 

Presiden meresmikan penggunaan empat proyek pembangunan fisik itu dengan menekan tombol sirine dan penandatanganan prasasti. 

Hadir dalam acara itu Menteri PUPR Basuki Hadimuljono,  Seskab Pramono Anung,  Gubernur Jatim Soekarwo dan Plt Bupati Tulungagung Maryoto Bhirowo, serta pimpinan perguruan tinggi. 

Usai peresmian,  Presiden Jokowi mengatakan fasilitas-fasilitas itu diperlukan oleh mahasiswa. "Tadi saya masuk ke ruangan-ruangan, saya kira kualitas pengerjaannya juga sangat bagus," katanya. 

Ia menyebutkan untuk tahun 2019 saja, pemerintah akan membangun 300 rusunawa dan 45 di antaranya ada di Jatim. 

"Paling banyak memang di Jatim karena di sini rusun itu betul-betul dipakai dan sangat dibutuhkan," katanya. 

Untuk daerah lain,  Presiden Jokowi mengatakan ada masalah budaya tinggal di rusun,  ada yang sudah siap, ada yang belum. Ia menilai masyarakat Jatim sudah lebih siap.

Baca juga: Presiden Jokowi beri perhatian khusus pada harga beras

Baca juga: Presiden Jokowi kunjungi Pasar Ngemplak Tulungagung

 

Pewarta: Agus Salim
Editor: Risbiani Fardaniah
Copyright © ANTARA 2019