Jakarta (ANTARA News) - Beberapa perempuan menghadapi pendarahan hebat dan rasa nyeri yang lama selama menstruasi, sehingga mengganggu rutinitas. 

Untuk membantu mengurangi pendarahan hebat, ada sejumlah bahan yang bisa dicoba, salah satunya teh kayu manis, seperti dilansir dari Indian Express, Rabu. Namun, untuk menggunakannya, sebaiknya berkonsultasilah dengan dokter terlebih dahulu.

Teh kayu manis

Jika Anda menghadapi pendarahan hebat selama menstruasi, buatlah secangkir teh kayu manis hangat dan teguk perlahan. Bahan ini diketahui bisa mengurangi perdarahan dan peradangan.

Es batu

Letakkan kompres es di perut bagian bawah Anda selama 20 menit, beberapa kali sehari ketika perdarahan sangat berat. Es akan membantu dalam mengatur aliran darah.

Suplemen zat besi

Ada beberapa penelitian yang menunjukkan bahwa kadar zat besi yang rendah dapat meningkatkan perdarahan menstruasi. Melengkapi diet dengan zat besi dapat mengurangi pendarahan hebat. 

Peterseli

Perdarahan dan menstruasi yang berat menyebabkan dua masalah utama - peradangan dan defisiensi besi karena kehilangan darah. Peterseli adalah bahan makanan yang bisa mengatasi keduanya. Bahan ini kaya vitamin C, menyerap zat besi yang hilang karena pendarahan dan antioksidan untuk mengurangi peradangan. 

Anda bisa mengunyah daun peterseli atau membuat segelas jus peterseli saat menstruasi Anda berat dan berkepanjangan.

Baca juga: Cara Nirina Zubir jelaskan haid pada anak

Baca juga: Cara Chelsea Islan tangkal mood jelek saat haid

Baca juga: Jangan sepelekan masa menstruasi

Penerjemah: Lia Wanadriani Santosa
Editor: Alviansyah Pasaribu
Copyright © ANTARA 2019