Jakarta (ANTARA News) - Australia menundukkan Palestina dengan skor 3-0 pada pertandingan Grup B Piala Asia yang dimainkan di Stadion Rashid, Dubai, Uni Emirat Arab pada Jumat malam WIB.

Gol-gol kemenangan Socceroos dibukukan oleh Jamie Maclaren, Awer Mabil, dan Apostos Giannou, demikian catatan pertandingan di laman resmi AFC.

Hasil ini membuka peluang Australia untuk lolos dari fase grup, di mana mereka sekarang mengoleksi tiga poin dari dua pertandingan untuk menghuni peringkat kedua. Sedangkan Palestina menduduki posisi juru kunci dengan koleksi satu poin.

Pelatih Graham Arnold meminta para pemainnya berjuang habis-habisan setelah kekalahan yang diderita dari Jordania pada laga pertama, dan ia dapat bersuka cita melihat timnya unggul dua gol dalam rentang waktu 20 menit.

Tom Rogic mengirimkan umpan silang dari sisi kanan, yang dapat disambar dengan tandukan kepala oleh Maclaren untuk menjadi gol pertama pada menit ke-18.

Australia menggandakan keunggulan dua menit berselang, ketika Awer Mabil yang tidak terkawal di sisi kiri, mengonversi operan Christopher Ikonomidis untuk mencetak gol kedua.

Setelah unggul dua gol, Socceroos kemudian menurunkan tempo permainan pada sisa babak pertama, di mana hanya satu lagi peluang yang didapat melalui sepakan Mabil yang melambung ke atas mistar gawang dari jarak dekat.

Australia hampir mengemas gol ketiga ketika umpan silang mendatar Rhyan Grant terdefleksi Abdallah Jaber dan mengenai mistar gawang, namun mereka mampu melengkapi kemenangan ini pada menit ke-90 ketika pemain pengganti Giannou melompat untuk menanduk bola yang berbuah gol ketiga.

Susunan pemain seturut laman resmi AFC:

Palestina (4-4-1-1): Rami Hamada, Alexis Norambuena Ruz, Abdelatif Bahdari, Musab Al Battat, Abdallah Jaber, Jonathan Cantilana (Oday Dabbagh 57'), Mohammed Darwish, Shadi Shaban, Tamer Seyam, Nazmi Albadawi (Mohammed Rashid 71'), Mahmoud Wadi (Khaled Salem 77')

Australia (4-2-3-1): Mathew Ryan, Rhyan Grant, Milos Degenek, Trent Sainsbury, Aziz Behich, Mark Milligan, Jackson Irvine, Awer Mabil (Robbie Kruse 87'), Tom Rogic (Massimo Luongo 75'), Christopher Ikonomidis, Jamie Maclaren (Apostolos Giannou 82')

Baca juga: Taklukkan India, UEA puncaki klasemen grup A

Baca juga: Jordania kalahkan Suriah 2-0

Pewarta: A Rauf Andar Adipati
Editor: Fitri Supratiwi
Copyright © ANTARA 2019