Kampung Wirausaha Sehati apresiasi mitra binaan di Gresik

Kampung Wirausaha Sehati apresiasi mitra binaan di Gresik

Head of Factory Garudafood Gresik Augustinus Winardi didampingi Head of Manufacturing Awan Susila dan Lurah Desa Larangan Yanti dalam kegiatan apresiasi program Kampung Wirausaha Garudafood Sehati Desa Larangan, Kabupaten Gresik. (Foto/Dokumentasi PT Garudafood)

Jakarta (ANTARA News) - Komunitas ibu-ibu PKK Desa Larangan, Kabupaten Gresik yang tergabung dalam program Kampung Wirausaha Garudafood Sehati mengikuti kegiatan apresiasi atas prestasi dan komitmen dalam menjalankan program selama tahun 2018 yang diselenggarakan di Pabrik Gresik, Jawa Timur.

"Setelah diselenggarakan di Jakarta maka Program Kampung Wirausaha (Program KW) yang dilaksanakan pada pertengahan tahun 2018 di Business Unit Gresik melibatkan beberapa kelompok PKK di Desa Larangan," kata Head of Factory Garudafood Gresik Augustinus Winardi dalam keterangan tertulisnya di Jakarta, Selasa.

Dikatakannya program tersebut bertujuan untuk membantu menemukenali potensi yang ada dalam masyarakat, menjalin relasi dengan komunitas, membuka peluang usaha, menanamkan semangat kewirausahaan serta mendorong terciptanya masyarakat yang lebih produktif.
 
"Kami berharap program ini dapat memberikan dampak yang positif bagi ibu-ibu, baik dari sisi finansial maupun pengetahuan. Selain itu, kami juga mengharapkan dapat sedikit demi sedikit menumbuhkan karakter kewirausahaan, seperti kreativitas, kemandirian, strategi pemasaran, penghitungan faktor risiko hingga membuat laporan keuangan," katanya dalam kegiatan apresiasi itu didampingi Head of Manufacturing Awan Susila dan Lurah Desa Larangan Yanti .

Kriteria penilaian program ini meliputi keuntungan kelompok, kekompakan kelompok serta kelengkapan laporan keuangan. Selain memberikan modal awal, Garudafood Sehati memberikan berbagai macam pelatihan seperti pelatihan dasar-dasar pemasaran, pengenalan produk hingga penulisan laporan keuangan sederahana. 

Selama kompetisi, Garudafood Sehati juga mengadakan focus group discussion sebagai sarana untuk berbagi pengalaman dan kiat usaha yang dapat digunakan oleh peserta. Program ini merupakan salah satu program Corporate Sosial Responsibility (CSR) GarudaFood Sehati yang fokus pada pilar pemberdayaan masyarakat.

"Saya berterima kasih kepada Garudafood yang telah memfasilitasi warga saya untuk dapat lebih produktif. Melalui program ini, mereka mendapatkan tambahan penghasilan bulanan untuk membantu memenuhi kebutuhan keluarga," ujar Lurah Desa Larangan, Yanti.

Ke depannya, ia berharap program tersebut dapat direplikasi ke desa lainnya sehingga dapat membantu meningkatkan penghasilan ibu-ibu di wilayah Gresik. 

Garudafood Sehati menjalankan misi untuk membawa perubahan yang menciptakan kemanfaatan bagi masyarakat berdasarkan prinsip saling menumbuhkembangkan serta menjalankan CSR dengan fokus lima pilar yakni  pendidikan, kesehatan masyarakat, lingkungan, bantuan kemanusiaan dan pemberdayaan masyarakat.

Baca juga: Produk olahan Kampung Wirausaha GarudaFood makin inovatif
 
Pewarta : Zita Meirina
Editor: Erafzon Saptiyulda AS
COPYRIGHT © ANTARA 2019