Jayapura (ANTARA News) - Jenazah Praka Nasarudin, korban penembakan KKSB di Mapenduma, Kabupaten Nduga, Selasa pagi (29/1), dievakuasi ke Jayapura dengan penerbangan sipil.

Wakapen Kodam XVII Cenderawasih Letkol Inf. Dax Sianturi di Jayapura mengatakan bahwa jenazah anggota Yonif 751 Reider yang gugur dalam kontak senjata, Senin (28/1), saat mengamankan lapangan terbang Mapenduma itu sebelumnya di evakuasi ke Timika.

Setibanya di Bandara Sentani, kata dia, jenazah korban langsung dibawa ke Mako Yonif 751 Raider untuk disemayamkan sebelum dikirim ke Makassar.

"Rencananya jenazah Praka Nasarudin dimakamkan di Makassar," kata Sianturi.

Rekan korban, Praka Muhamad Rivai yang terkena rekoset peluru di tangannya, menurut Sianturi, masih dirawat di RSUD Timika.

Kedua anggota Yonif 751 mengalami musibah saat mengamankan lapangan terbang Mapenduma sesaat sebelum tibanya rombongan Bupati Nduga Yarius Gwijangge yang membawa bantuan logistik untuk masyarakat.

Namun, kata Sianturi, sesaat sebelum pesawat milik Enggang Air Service mendarat, tiba-tiba aparat keamanan ditembaki dari ketinggian, hingga terjadi kontak tembak.

Setelah menurunkan bahan bantuan untuk masyarakat, kemudian kedua korban langsung dievakuasi dengan menggunakan pesawat tersebut didampingi Bupati Nduga.

Anggota TNI yang bertugas di Pos Mapenduma sekitar satu satuan setingkat pleton (SST).

Baca juga: Kontak senjata di Yambi, seorang anggota TNI tewas

Baca juga: TNI-Polri masih disiagakan di Banti cegah KKB masuk kembali

Pewarta: Evarukdijati
Editor: Unggul Tri Ratomo
Copyright © ANTARA 2019