Para milenial harus mengambil peran yang dominan dalam menjaga lingkungan. Semangat inovatif yang dimiliki milenial harus bisa juga dituangkan dalam merawat lingkungan
Jakarta (ANTARA News) - Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Rini Soemarno meminta para generasi milenial agar terus meningkatkan kepeduliannya terhadap lingkungan lewat upaya-upaya inovatif. 

"Para milenial harus mengambil peran yang dominan dalam menjaga lingkungan. Semangat inovatif yang dimiliki milenial harus bisa juga dituangkan dalam merawat lingkungan," kata Menteri Rini di sela acara "Spirit Of Millennials: Green Festival 2019" di Jakarta Convention Center (JCC), Kamis. 

Presiden RI Joko Widodo pun turut hadir dalam acara yang melibatkan ribuan millenial tersebut. Event "Spirit Of Millennials: Green Festival 2019" merupakan kegiatan yang diselenggarakan oleh dua BUMN yakni PT Pupuk Indonesia Holding Company (Persero) dan PT. Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk.

Acara ini bertujuan meningkatkan kepedulian dan minat generasi millennials terhadap gaya hidup ramah lingkungan, urban farming dan agrikultur di Indonesia serta mendorong lahirnya ide ide dan inovasi baru di sektor agrikultur.

Rangkaian kegiatan Spirit of Millennials: Green Festival di antaranya pameran tanaman sayuran hidroponik dan aquaponik serta berbagai tanaman lainnya.

Workshop, yang diisi dengan tiga kegiatan yaitu Easy Gardening, teknik dasar menanam dan memelihara tanaman dengan media tanah, Hidroponik, teknik dasar menanam dan memelihara tanaman dengan media air dan Daur Ulang, yakni mendaur ulang limbah domestik menjadi hal yang berguna.

Acara ini juga diisi oleh berbagai booth UMKM dan Startup serta dihadiri oleh lebih 2.000 millennials yang berasal dari kalangan mahasiswa, profesional, komunitas dan lainnya. 

“Dengan event positif seperti ini Pemerintah ingin para millenials bisa menanamkan gaya hidup yang ramah lingkungan, kemudian menularkannya kepada khalayak lewat upaya-upaya yang inovatif,” katanya.

Selain itu, acara ini juga diisi oleh Talkshow bersama berbagai pembicara inspiratif yang dibagi ke dalam beberapa tema. Tema pertama, yaitu Millennial Peduli Lingkungan dan Pelopor Green Living.

Tema kedua, yaitu Health Awareness and Green Lifestyle bersama Eva Celia (Aktris, Penyanyi dan Millennials Urban Farmer) dan Irfan Hakim (Presenter dan Publik Figure). 

Tema ketiga, yaitu Green Urban for a Thriving Future bersama Sigit Kusumawijaya (Co-Inisiator Indonesia Berkebun, Arsitek dan Urban Farming Advocate) dan Diah Meidiantie (KA Bidang Pertanian DKPKP Provinsi DKI Jakarta).

Tema keempat, yaitu Agribusiness Value Chain, Opportunity in Farming Industry bersama Albert Arron Pramono (CEO Arumdalu Lab) dan Andro Tunggal Namuerta (Owner Fruitable Farm). 

Baca juga: Menkeu: generasi milenial mulai sadar pentingnya investasi

Pewarta: Afut Syafril Nursyirwan
Editor: Agus Salim
Copyright © ANTARA 2019