Dari laporan masyarakat, dampak gempabumi berupa guncangan yang dirasakan dalam skala III MMI di Jayapura
Jayapura (ANTARA) - Gempabumi tektonik berkekuatan magnitudo 4,6 Skala Richter mengguncang wilayah Kabupaten Jayapura, Provinsi Papua pada Jumat sekitar pukul 07 : 58 WIT

Kepala Balai Besar Meteorologi Klimatologi dan Geofisika Wilayah V Jayapura Petrus Demon Sili di Jayapura, Jumat, mengatakan pusat gempa bumi terletak pada koordinat 2.15 Lintang Selatan dan 140.43 Bujur Timur.

Lanjut dia, gempa itu tepatnya di laut pada 48 Kilometer Barat Laut KabupatenJayapura, dengan kedalaman 10 kilometer.

"Dari laporan masyarakat, dampak gempa bumi berupa guncangan yang dirasakan dalam skala III MMI di Jayapura," katanya.

Menurut Peterus, ditinjau dari lokasi episenter dan kedalaman hiposenter, gempa bumi ini merupakan gempa bumi dangkal akibat aktivitas zona subduksi bagian utara Papua yang melintasi di wilayah Kabupaten Jayapura.

"Gempabumi ini tidak berpotensi tsunami, karena kekuatannya tidak cukup besar untuk membangkitkan perubahan di dasar laut yang dapat memicu terjadinya tsunami," katanya.

Petrus memastikan informasi resmi hanya bersumber dari BMKG yang disebarkan melalui kanal komunikasi resmi yang telah terverifikasi (Instagram/Twitter @infoBMKG), website (www.bmkg.go.id), atau melalui Mobile Apps (iOS dan Android @infobmkg).

Baca juga: Gempa bumi 5,7 SR guncang kabupaten Sarmi

Baca juga: Jayapura diguncang gempa 4,9 SR


Pewarta: Musa Abubar
Editor: Zita Meirina
Copyright © ANTARA 2019