Alhamdulillah, positif pembangunan jalan layang tol tahap pertama akan dilakukan dengan ruas Pasirkoja-Sukarno Hatta dimungkinkan dikerjakan
Bandung (ANTARA) - Sekretaris Daerah (Sekda) Jawa Barat Iwa Karniwa memastikan pembangunan Jalan Tol Dalam Kota Bandung atau North-South Link (NS Link) tahap pertama dari Pasirkoja-Soekarno Hatta akan segera dieksekusi.

"Alhamdulillah, positif pembangunan jalan layang tol tahap pertama akan dilakukan dengan ruas Pasirkoja-Sukarno Hatta dimungkinkan dikerjakan," katanya di Bandung, Selasa.

Pada Senin (11/3/2019), pihaknya menggelar rapat lanjutan bersama Badan Pengelola Jalan Tol (BPJT) Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat, BUMD PT Jasa Sarana dan Pemkot Bandung terkait rencana Tol Dalam Kota Bandung NS Link.

PT Citra Marga Lintas Jabar, kata Iwa, sebagai konsorsium NS Link juga sudah melakukan penyiapan tempat rencana pembangunan tahap pertama.

Menurut dia, kesiapan pembangunan dipastikan menunggu lampu hijau atau persetujuan dari Gubernur Jawa Barat M Ridwan Kamil.

"Sampai saat ini, kami menunggu keputusan pimpinan, kami sebagai staf Pak Gubernur mempersiapkan segala sesuatunya. Jadi, ketika diputuskan pimpinan, kita sudah siap," kata Iwa.

Ia juga mengatakan persiapan pertama hasil kajian yang dilakukan pengusul sudah dievaluasi BPJT seperti aspek teknis lewat Direktur Bebas Hambatan atau Direktur Jaringan.

Di sisi lain, proyek ini secara legal juga sudah dikaji agar jangan sampai ada persoalan hukum.

"Saat ini, sudah mendapatkan titik terang. Langkah yang dikerjakan yakni terusan Soreang-Pasirkoja sepanjang 3,8 km ke Pasirkoja-Sukarno Hatta," kata dia.

"Sedangakan, pencanangannya sampai Pasupati sesuai kajian dan Cicaheum sesuai usulan Wali Kota Bandung," lanjutnya dia.

Lebih lanjut Iwa mengatakan jalan tol ini dipastikan akan sangat membantu mengingat perkembangan jumlah jalan di Ibu Kota Jawa Barat hanya mencapai 0,001 persen.

Dengan adanya tol ini maka, menurut Iwa, merupakan angin segar mengingat makin terbatasanya lahan saat ini.

"Oleh karena itu, ini jadi angin segar dengan menambah jalan elevated (layang) sepanjang hampir 14 km dan mengatasi kemacetan di Kota Bandung. Proyek ini juga bagian dari tol regional Purbaleunyi," lanjutnya.

Baca juga: Pemkot Bandung usul jalur sepeda motor di tol dalam kota
Baca juga: Bandung segera miliki tol dalam kota

Pewarta: Ajat Sudrajat
Editor: Kelik Dewanto
Copyright © ANTARA 2019