Yogyakarta (ANTARA) - Humanity Food Truck 2.0 dari Global Zakat-Aksi Cepat Tanggap (ACT) menjangkau korban banjir di wilayah Imogiri, Bantul dengan mendistribusikan sebanyak seribu porsi makanan siap santap pada Rabu (20/3).

"Kami merespons cepat kebutuhan pangan untuk korban terdampak banjir di Bantul, kebetulan truk baru keluar perakitan di karoseri yang berada di wilayah Magelang-Yogyakarta, tak jauh dari lokasi banjir," kata Koordinator Koki Humanity Food Truck 2.0 Joni Kusumahadi melalui keterangan tertulis yang diterima Antara di Yogyakarta, Kamis.

Menurut Joni, awalnya aksi memasak dan pembagian seribu porsi makanan siap santap baru akan dilakukan pada Jumat (22/3) mendatang di Kota Yogyakarta, di sela peluncuran Humanity Food Truck 2.0. Akan tetapi, banjir besar menerjang Bantul pada Minggu (17/3).

"Humanity Food Truck 2.0 pun menyegerakan pendistribusian makanan siap santap bagi korban terdampak banjir," kata dia.

Belasan orang dari tim Masyarakat Relawan Indonesia (MRI) Yogyakarta membantu proses memasak. Mereka bertugas untuk menyiapkan bahan masakan dan tujuh orang koki bertugas memasak yang seluruhnya dilakukan di dalam truk.

Dalam acara tersebut juga dihadiri Wakil Bupati Bantul, Abdul Halim Muslih juga turut memberi sambutan dan mencicipi masakan dari tim Humanity foodtruck.

"Terima kasih kepada ACT, yang sudah melakukan bakti sosial Humanity Food Truck di Dusun Salaman, untuk warga di sini terimalah ini persembahan dari ACT dan seluruh relawan yang tergabung dalam program ini, semoga dampak bencana ini dapat terkurangi," kata Abdul Halim dalam sambutannya.

Menu makanan untuk warga terdampak banjir ini berupa nasi putih dengan lauk olahan ayam dan pelengkap sosis, mi goreng dan sambal. Setelah matang, paket makanan siap santap akan diberikan ke beberapa desa di Imogiri yang terkena imbas banjir besar beberapa hari lalu.

Sementara itu Kepala Cabang ACT DIY, Bagus Suryanto mengatakan kehadiran ACT dengan Humanity Food Truck untuk berbagi kebahagiaan dan memberi yang terbaik. "Sehingga kita  bisa menikmati,makan-makan bersama ini, Insya Allah harapannya bisa mengurangi duka dari bapak ibu sekalian," kata dia.

Setelah Humanity Food Truck 2.0 diresmikan pada Jumat (22/3) di Balai Kota Yogyakarta, rencananya Humanity Food Truck akan terus berkeliling di wilayah Yogyakarta untuk berbagi makanan siap santap secara gratis, sehingga kebermanfaatannya dapat dirasakan masyarakat secara luas.

Baca juga: Humanity Food Truck hadir di Cikampek untuk para pemudik
Baca juga: ACT Sumsel buka donasi bencana banjir Papua dan Bantul
Baca juga: Bantu pencarian dua korban longsor Bantul, ACT terjunkan tim "rescue"

Pewarta: Luqman Hakim
Editor: Budhi Santoso
Copyright © ANTARA 2019