Tongyeong dan Adelaide Dukung Ambon Kota Musik

Tongyeong dan Adelaide Dukung Ambon Kota Musik

logo unesco (distance-educator.com )

Ambon (ANTARA) - Dukungan Ambon menjadi kota musik dunia versi United Nations Educational, Scientific and Cultural Education (UNESCO) kembali diterima dari Tongyeong Korea Selatan dan Adelaide Australia Selatan.

Direktur Ambon Music Office (AMO) Ronny Loppies menyatakan, dukungan kembali diterima AMO yakni dari Tongyeong Korea Selatan pada 3 April 2019 dan The university of Adelaide pada 9 April 2019.

"Kita bersyukur dukungan terus datang dari jaringan kota kreatif Unesco yakni Tongyeong dan Adelaide , setelah sebelumnya diterima dari Director Office of Adelaide UNESCO City of Music dan Adelaide Symphony Orchestra," katanya di Ambon, Sabtu.

Menurut dia, Hoseok Kim selaku Kepala budaya dan divisi seni kota Tongyeong dalam surat dukungan menyatakan dukungan yang kuat dan yakin bahwa Ambon dengan sejarah panjang dan tradisi besar memiliki infrastruktur seni dan budaya yang baik.

Selain itu, jaringan pendidikan yang mendalam, akan memberikan kontribusi yang kuat terhadap kualitas hidup masyarakat.

"Tongyeong juga akan melakukan upaya untuk mengembangkan hubungan yang erat dan koorperatif dan bekerja dalam pertukaran budaya antara kedua kota," kata Rony menyampaikan pesan Hoseok Kim.

Sementara itu, Graeme Koehne AO selaku Komite Musik Adelaide juga memberikan dukungan sepenuh hati bagi kota Ambon untuk mendapatkan dukungan sebagai kota Musik Dunia versi UNESCO.

Dalam pertemuan dengan perwakian kota Ambon dan pemerintah Indonesia, secara tidak langsung ada dukungan yang baik dan antusias dari warga kota ambon untuk status kota musik.

Selain itu kata Graeme, terbukti dari penelitian dan komunikasi kota Ambon memiliki budaya terutama musik yang unik dan berbeda.

Kunjungan yang dilakukan beberapa waktu ke Adelaide membuat dirinya terpesona dengan keseriusan dengan tujuan dan komitmen terhadap berbagai genre musik pada semua tingkatan.

"Mereka juga senang dengan ketertarikan dalam membina hubungan dengan Adelaide maupun kota lain di jaringan kota kreatif. Saya yakin kota Ambon akan menjadi mitra regional yang energik yang berharga pada kelompok kota musik," kata Graeme dalam surat dukungannya.

Ronny menjelaskan, dokumen dukungan Ambon sebagai kota musik dunia, merupakan salah satu faktor dukungan menuju kota musik dunia yang akan ditetapkan Oktober 2019.

"Berbagai dukungan menjadi modal bagi kota Ambon untuk mendaftarkan diri sebagai kota musik dunia ke Unesco," tambahnya..
Pewarta : Penina Fiolana Mayaut
Editor: Hendra Agusta
COPYRIGHT © ANTARA 2019