Padang (ANTARA) - Puluhan pengikut Jamaah Tarekat Naqshabandiyah Surau Baitul Makmur, Pasar Baru, Kecamatan Pauh, Padang mulai melaksanakan salat tarawih pada Jumat malam.

Pelaksanaan salat tarawih di Surau Baitul Makmur yang berada 15 kilometer dari Kota Padang dimulai sejak selepas salat isya pukul 20.00 WIB dengan khidmat dan khusyuk.

Pelaksanaan salat tarawih berjamaah dilakukan sebanyak 20 rakat dengan salam setiap dua rakaat dan dilanjutkan dengan salat witir tiga rakaat.

Sebagian besar pengikut jamaah yang melaksanakan tarawih didominasi oleh bapak-bapak dan ibu-ibu yang telah berusia lanjut.

Mursyid Jamaah Tarekat Naqshabandiyah Surau Baitul Makmur, Syafri Malin Mudo menyatakan berdasarkan penghitungan yang dilakukannya 1 Ramadhan 1440 Hijriah bertepatan dengan 4 Mei 2019 sehingga pada Jumat malam telah melaksanakan salat tarawih.

Ia menjelaskan cara melakukan penetapan awal Ramadan dilakukan dengan melihat bulan yang dilakukan sejak bulan Rajab dan Syaban.

"Kami menggunakan metode hisab Munjid, dasarnya sejak tahun 16 Hijriah. Jadi pada malam ke-8, ke-15 dan ke-22 bulan Rajab kami sudah melihat bulan," ujarnya.
Ia memastikan pada Sabtu 4 Mei 2019 seluruh jamaah Tarekat Naqshabandiyah mulai melaksanakan ibadah puasa Ramadan 1440 Hijriah.

Ia menyebutkan di Padang terdapat puluhan masjid dan musala yang menjadi pusat peribadatan Jamaah Tarekat Naqshabandiyah.
Masjid dan musala tersebut tersebar di Kecamatan Pauh dan Kecamatan Lubuk Kilangan.

Sementara Pakar Hisab dan Rukyat Muhammadiyah Sumatera Barat Firdaus AN menyampaikan berdasarkan hasil hisab 1 Ramadhan 1440 Hijriah bertepatan dengan Senin 6 Mei 2019.

Berdasarkan hasil hisab, pada 29 Rajab 1440 Hijriah atau 5 Mei 2019 posisi bulan pada saat matahari terbenam sudah mencapai lima derajat, kata dia.
Artinya, jika sudah lima derajat bulan baru sudah masuk, sedangkan berdasarkan kesepakatan ahli saat posisi dua derajat dinyatakan bulan baru sudah masuk, ujar dia.
***3**
*

Pewarta: Ikhwan Wahyudi
Editor: Triono Subagyo
Copyright © ANTARA 2019