Makassar (ANTARA) - Wakil Gubernur Sulawesi Selatan Andi Sudirman Sulaiman terpilih menjadi Ketua Masyarakat Ekonomi Syariah (MES) Sulsel periode 1440-1443 Hijriah.

Pelantikan Andi Sudirman Sulaiman sebagai Ketua MES Sulsel dilakukan langsung oleh Ketua Umum Masyarakat Ekonomi Syariah Wimboh Santoso, Sabtu.

Dalam pelantikan tersebut, Wimboh Santoso yang merupakan Ketua Dewan Komisioner OJK menyampaikan ekonomi syariah punya potensi besar karena 90 persen masyarakat Indonesia adalah muslim.

"Karena itu, kita berharap MES bisa membenahi platform syariah yang ada," kata dia.

Dia berharap MES yang diisi berbagai kalangan baik itu akademisi, praktisi, dan pakar di bidang syariah, bisa membenahi produk-produk keuangan syariah.

"Karena banyak umat muslim yang bergerak di sektor informal dan sulit dijangkau perbankan. Mereka seperti pedagang kelontong, tukang gado-gado, bakso. Mereka punya kemampuan dan pengalaman tapi sulit mengakses perbankan," ungkapnya.

Wimboh berharap MES dapat membantu membenahi platform keuangan syariah agar bisa mendapat nasabah yang tepat sasaran, sistem bisnisnya bagus sehingga tingkat NPL dan kredit macet bisa ditekan, dan bank-bank syariah terhindar dari risiko kerugian.

Ketua MES Sulsel Andi Sudirman Sulaiman menyampaikan amanah yang diberikan kepadanya tentu membutuhkan dukungan dari berbagai pihak.

"Saya tentu tidak bisa bekerja sendiri. Kami harap tokoh-tokoh masyarakat, dewan pakar yang banyak memahami ikut mendukung," terang Sudirman Sulaiman.

Menurut dia, ekonomi syariah sejatinya sudah ada di zaman Nabi Muhammad SAW meskipun tanpa menggunakan istilah syariah.

"Pada masa Rasulullah, masyarakat madinah itu heterogen. Masyarakat Madinah (meski berbeda-beda), tapi di bawah piagam Madinah. Ini kemudian menjadi rujukan Piagam Jakarta, lalu berubah menjadi dasar-dasar Pancasila. Jadi Islam ini agama Rahmatan lilalamin. Untuk seluruh alam," katanya.

Di Sulsel, menurut dia, ekonomi syariah digerakkan dengan model kearifan lokal. "Pendekatannya smooth, melakukan edukasi-edukasi," terangnya.

Dalam kesempatan tersebut juga dilantik Dr Mukhlis Sufri menjadi Ketua Harian MES Sulsel. Gubernur Sulsel Nurdin Abdullah menjadi Ketua Dewan Pembina dan AGH Sanusi Baco menjadi Ketua Dewan Pakar.

Beberapa tokoh yang hadir di antaranya Kepala OJK Sulampua, Zulmi, Dirut Bank Sulselbar Andi Muhammad Rahmat, Kepala BEI Makassar Fahmin Amirullah, Ketua AMPHURI Sulampua Azhar Gazali, Kepala Cabang Bank Panin Dubai Syariah Kamaruddin Kammisi serta sejumlah tokoh lainnya.

Baca juga: Masyarakat Ekonomi Syariah mendukung bank wakaf mikro
Baca juga: Wimboh Santoso jabat Ketum Masyarakat Ekonomi Syariah

Pewarta: Muh. Hasanuddin
Editor: Faisal Yunianto
Copyright © ANTARA 2019