Kami sudah menemui saksi-saksi mata, kejadian (munculnya) buaya muara itu memang ada pada hari Sabtu (11/5), sekitar pukul 10.00 WIB. Berdasarkan informasi yang kami terima, panjang tubuh buaya diperkirakan lebih dari 2 meter
Cilacap (ANTARA) - Balai Konservasi Sumber Daya Alam Jawa Tengah menyatakan bahwa keberadaan buaya muara  (Crocodylus porosus) di perairan sekitar Cilacap hingga saat ini masih belum terdeteksi,

"Kami sudah menemui saksi-saksi mata, kejadian (munculnya) buaya muara itu memang ada pada hari Sabtu (11/5), sekitar pukul 10.00 WIB. Berdasarkan informasi yang kami terima, panjang tubuh buaya tersebut diperkirakan lebih dari 2 meter," kata Koordinator Polisi Kehutanan Balai Konservasi Sumber Daya Alam (BKSDA) Jawa Tengah, Seksi Konservasi Wilayah II Pemalang-Cilacap Resor Konvervasi Wilayah Cilacap, Endi Suryo Heksianto, di Cilacap, Senin.

Oleh karena itu, kata dia, pihaknya bersama personel Satuan Polisi Perairan Kepolisian Resor Cilacap dan Masyarakat Mitra Polhut (MMP) Kabupaten Cilacap menggelar patroli untuk mencari keberadaan buaya muara tersebut.

Dalam hal ini, lanjut dia, patroli tersebut ditujukan untuk menyisir tempat-tempat yang dimungkinkan sebagai tempat istirahat buaya, baik di wilayah perairan maupun daratan Pulau Nusakambangan.

"Namun sampai sekarang belum ditemukan," katanya.

Terkait dengan asal buaya muara tersebut, dia mengaku belum bisa memastikan apakah berasal dari daerah lain ataukah memang sudah lama berada di perairan Cilacap, khususnya kawasan Laguna Segara Anakan, karena konon merupakan habitat buaya muara namun tidak terdeteksi jumlah populasinya.

Selain itu, pihaknya juga belum bisa memastikan jumlah buaya muara yang dalam beberapa waktu terakhir terlihat di perairan sekitar Cilacap meskipun tersiar kabar jika jumlahnya mencapai tujuh ekor.

"Kami belum bisa pastikan jumlahnya karena dalam bukti foto dan rekaman video cuma satu dan kami juga belum bisa pastikan dari mana asal buaya tersebut tapi karena sendirian, dimungkinkan dari daerah lain. Kami juga sedang 'browsing' berita-berita terkait dengan penemuan buaya di sekitar Cilacap, akan coba kami kait-kaitkan," katanya.

Sebelumnya, seekor buaya muara yang sedang berenang terlihat di sekitar dermaga khusus PT Solusi Bangun Indonesia Tbk Pabrik Cilacap yang berada di perairan Cilacap-Nusakambangan.

Penampakan buaya muara tersebut terekam kamera foto dan video warga yang sedang berada di atas perahu. 

Baca juga: Nelayan diimbau waspadai buaya berkeliaran di perairan Cilacap

Pewarta: Sumarwoto
Editor: Andi Jauhary
Copyright © ANTARA 2019