Wali Kota Bandung ajak umat muslim tingkatkan ibadah dengan itikaf

Wali Kota Bandung ajak umat muslim tingkatkan ibadah dengan itikaf

Jemaah muslim membuka kitab Al-Quran saat melaksanakan itikaf di Masjid Habiburrahman, Jalan Kapten Tatanegara, Kota Bandung, Minggu (26/5/2019). (Bagus Ahmad Rizaldi)

Bandung (ANTARA) - Wali Kota Bandung, Oded M Danial mengajak muslim di Kota Bandung memaksimalkan sepuluh hari terakhir bulan Ramadan untuk beriktikaf dan berupaya meraih malam lailatulkadar pada Ramadan 1440 hijriah.

Selain memiliki banyak keutamaan dari sisi keagamaan, kata dia iktikaf di masjid juga menjadi kesempatan untuk menjalin interaksi sosial. Hal itu dapat menjadi penguat kekompakan dalam rangka menjaga persatuan dan kesatuan bangsa.

"Saya berharap iktikaf 'munggaran' ini sampai akhir ini bisa bersama-sama, bisa menikmati 10 hari terakhir di malam lailatulkadar," tambahnya di Masjid Al-Ukhuwah, Jalan Wastukancana, Bandung, Minggu.

Dia sangat terkesan dan mengucapkan banyak terima kasih kepada masyarakat Kota Bandung yang sudah memenuhi Masjid Al-Ukhuwah sejak Sabtu (25/5) malam. Dia memastikan Pemerintah Kota (Pemkot) Bandung akan terus memberikan dukungan penuh terhadap berbagai macam kegiatan keagamaan.

"Kami haturkan terima kasih kepada jemaah yang bersama-sama mengikuti iktikaf di masjid ini. Insyaallah Pemkot akan terus mendukungnya," kata dia.

Dalam kesempatan itu, dia menyebutkan bulan Ramadan menjadi sangat istimewa lantaran kitab suci Al-Quran diturunkan pada bulan ini. Menurutnya Al-quran merupakan pedoman dalam menjalani kehidupan yang harus ditanamkan sejak dini.

"Ketika Allah menurunkan kepada kita, bahasanya bukan hibah tapi mewariskan Alquran kepada hamba pilihan. Kenapa kalimatnya dalam bentuk warisan tidak hibah atau hadiah. Karena maknanya pemberian sesuatu barang dari orang perorang ada hubungan terdekatnya," jelasnya.

Di akhir ceramahnya, dia kembali mengajak jemaah untuk terus meningkatkan ibadah di 10 hari terakhir Ramadan ini. Menurutnya, penghujung bulan Ramadan bukanlah ajang untuk bermalas-malasan.

"Justru ibadah kita harus ditingkatkan lebih giat lagi," ujarnya.

 

Pewarta : Bagus Ahmad Rizaldi
Editor: Hendra Agusta
COPYRIGHT © ANTARA 2019